Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Kang Muh dan Gus Baha Divaksin, Bentuk Ikhtiar Paling Baik Melawan Covid-19

Cirebon, Dakwah NU
Rais Syuriyah PBNU KH Musthofa Aqil Siroj bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Cirebon Imron Rosyadi memberikan sambutan dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para kiai dan ulama di Ponpes Khas Kempek, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (18/3/2021).

Dalam sambutannya, Kiai Musthofa yang juga Penasihat LD PBNU itu mengaku yakin jika masyarakat diberbagai kalangan telah menganggap vaksinasi merupakan ikhtiar yang paling baik dalam melawan Covid-19.

Sementara Wagub Jawa Barat Uu, menyampaikan bahwa saat ini pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mempercepat vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity untuk para kiai dan ulama dengan menggelar vaksinasi massal di Pondok Pesantren KHAS Kempek. Ia berharap vaksinasi untuk kiai dan ulama tidak mengalami ketelambatan.

Sebelumnya, Rais Syuriah PBNU KH. Ahmad Baha’udin Nursalim (Gus Baha) bersama KH. Zaimun Umam Nursalim (Gus Umam adik kandung Gus Baha) juga diketahui telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 di UPT Puskesmas Kragan II. Dengan gaya khas sederhananya, kemeja putih, kaos dalam warna putih, sarung warna hitam, serta mengenakan songkok hitam Gus Baha mendatangi Puskesmas Kragan II. Menurut keterangan Kepala Puskesmas Kragan II dr. Intan, dalam vaksinasi Covid-19 itu memang dijadwalkan untuk lansia dan tokoh agama. 

Vaksinasi sendiri bermanfaat memberikan kekebalan tubuh bagi masyarakat sehingga tidak mudah terpapar virus Covid-19, terlebih kepada para kiai dan ulama yang sering menyampaikan dakwah dan tausiyah kepada masyarakat umum. Vaksinasi untuk para kiai dan ulama sebagai tokoh agama dapat menjadi contoh sekaligus mengajak umat untuk ikut berikhtiar melawan Covid-19.

Selain memberikan kekebalan, vaksin juga dapat sebagai pelatih tubuh kita agar bisa mengenali virus yang membahayakan tersebut. Vaksin adalah bagian dari virus yang sudah dilemahkan atau tak mampu menyebarkan penyakit yang kemudian disuntikkan ke tubuh. (fqh)

Kontributor: Alfan Salsabila Ahmad
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here