Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Usai Terima Wakaf, Ketua PBNU Khutbah Perdana di Masjid Annur Semarang

Semarang, Dakwah NU
Sehari usai diserahterimakan Wakaf Masjid Annur Semarang, KH Abdul Manan Ghani dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan khutbah perdananya setelah diwakafkan di Masjid Annur Jalan Anggraini No. 16 Kelurahan Bulu Lor Semarang Utara.(Jum’at, 22/1-2021).

Dikutip dari Kicau News. Masjid Annur yang diwakafkan dari Keluarga Besar Hajah Ervira Purnamapita yang kini telah menjadi hak PBNU dalam pengelolaannya terlihat Megah dan dipenuhi para Jamaahnya. Menurut Wakif Hajah RR Ervira bahwa Pembangunan Masjid ini memang sudah dirancang konstruksinya anti gempa yang fondasinya melebihi fondasi bangunan dilingkungan sekitarnya.

“Kami serahkan Masjid ini kepada PBNU untuk bisa dimanfaatkan, dan selama ini kegiatan di Masjid sudah berjalan baik. Semoga nantinya bisa semakin bermanfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PBNU Bidang Masjid dan Dakwah, KH Abdul Manan Ghani yang didampingi Wakil Ketua LTM PBNU, Gus Idris serta Sekretaris Lembaga Takmir Masjid ( LTM ) PBNU, KH Muis Ali menjelaskan bahwa Masjid Annur dalam pengelolaannya memakai cara Ahli Sunnah Wal Jama’ ah dalam bingkai NKRI.

“Ada 3 perkara yang masih mengalir pahalanya, yaitu Sodaqoh Jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan Anak Sholeh yang mendoakannya,” ungkapnya.

Selanjutnya dalam kesempatan ramah tamah usai shalat jum’at juga dilakukan serahterima kunci Masjid Annur dari Pihak Wakif Ibu Hajah RR Ervira kepada KH Abdul Manan Ghani selaku Nadhir yang mewakili PBNU yang disaksikan Takmir Masjid beserta Para Jamaahnya.

Sebelumnya diberitakan, Prosesi Penyerahan Wakaf Masjid Annur seluas 298 Meter persegi yang terletak di Jalan Raya Anggraini No.16 Bulu Lor Kecamatan Kota Semarang dari Keluarga Besar Ibu Hajah RR. Elvira Purnamapita, M.S, MBA kepada Pengurus Besar Nahlatul Ulama (PBNU) yang diterima KH Abdul Manan Ghani melalui Notaris Hajah Sri Subekti, SH berjalan lancar dan penuh kekeluargaan di Hotel Gumaya Semarang.(Kamis, 21/1-2021).

Ketua PBNU KH Abdul Manan Ghani saat terima wakaf dari warga Kota Semarang Ibu Hajah RR. Elvira Purnamapita, M.S, MBA

Menurut Wakif Hajah Elvira bahwa Masjid Annur yang telah dibangunnya hingga saat ini sudah beraktifitas dengan baik dari mulai kegiatan ibadah rutin hingga sekolah TPQ, “Masjid Annur sudah Kami bangun dengan Konstruksi kuat yang pondasinya melebihi bangunan sekitarnya, Dan saat ini Kami serahkan kepada NU untuk dimanfaatkan,” ungkapnya.

Bahkan Elvira juga menjelaskan “Semua surat-surat sudah lengkap, termasuk pernyataan beberapa rumah warga yang terdampak pembangunan Masjid sudah diberikan gantirugi, Ini sertifikat, surat IMB dan berkas lainnya Kami serahkan Pak,” imbuhnya saat menyerahkan.

Sementara itu Ketua PBNU selaku Nadhir yang diwakili KH. Abdul Manan Ghani mengungkap rasa terima kasihnya atas keikhlasan Keluarga Besar Ibu Hajah Elvira yang telah mempercayakan Wakafnya kepada Nahdlatul Ulama. “Insya Allah Pengurus NU dimana pun ada, termasuk di Pulau terpencil pun ada pengurusnya, karena NU merupakan Organisasi terbesar di Dunia, pengurusan Masjid ini pun nantinya akan diurus dari Mulai PCNU dan MWCNU setempat dengan cara Ahlisunnah Wal Jamaah,” tuturnya.

Selanjutnya Kiai Manan juga menegaskan sesuai ikrar wakafnya bahwa Masjid ini dilarang digunakan untuk kepentingan politik dan kegiatan yang melanggar peraturan perundangan yang berlaku. “Disamping harus memakai cara Ahli Sunah Waljamaah juga tidak untuk berpolitik dan kegiatan yang melanggar peraturan. Semuanya harus dalam kerangka Ukhuwah Islamiyah, Insaniyah dan Wathoniyah serta dalam bingkai NKRI,” jelas Kiai yang juga Pembina LD PBNU ini.

Dikabarkan, Gelaran Prosesi Penyerahan Wakaf Masjid Annur ini dihadiri Pihak Keluarga Wakif, Ibu Hajah Elvira beserta suami dan putra-putrinya, kemudian dari Pihak Nadhir yang mewakili Ketua PBNU, KH. Abdul Manan Ghani yang didampingi Sekretaris LPTM PBNU dan Wakilnya, Gus Idris. Dan juga dihadiri para saksi dari PWNU Jawa Tengah, KH. Hubaidillah, Badan Wakaf Indonesia, Petugas Kantor Kementerian Agama Kecamatan Semarang Utara serta ada juga Sekretaris dan Wakil Ketua Lembaga Penyuluhan Bantuan Hukum ( LPBH) PWNU Jawa Tengah.(ahn)

Kontributor : Krisno (Kicau News)

Spread the love

Comment here