Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Tingkatkan Eksistensi Ekonomi, PCNU Padang Perkuat UMKM di Tengah Pandemi

Padang, DAKWAH NU
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Padang meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat di tengah pandemi dengan menjadikan rumah kader Fatayat sebagai sentra ekonomi.

Ketua Tanfidziyyah PCNU Padang Pariaman Sumbar., K.H. Zainal menganjurkan agar rumah kader Fatayat dijadikan sebagai sentra ekonomi. Menurutnya, hal ini dapat memberikan banyak manfaat. Selain dapat menambah penghasilan keluarga, hal ini juga dapat menekan masalah sosial serta membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar.

“Dari UMKM ini diharapkan dapat membantu perekonomian warga nahdliyin secara khusus, masyarakat Indonesia secara luas, meningkatkan perekonomian organisasi NU, dan menumbuhkan ekonomi pesantren, karena tiga elemen dasar tersebut, semoga saling mendukung, seperti antara produk dengan pasar dan keuangan,” harapnya.

Awalnya, peningkatan pengelolaan UMKM yang diusung oleh PCNU Padang ini diinisiasi oleh PCNU Padang Pariaman. Sebelumnya, sudah diketahui keberadaan usaha pembuatan kerupuk singkong dan pisang di lingkungan Fatayat sewaktu mereka diminta menjadi narasumber dalam kegiatan PKD Fatayat, Sabtu (25/12/2020).

“Mencermati kondisi demikian, langsung saya sampaikan bahwa pada tanggal 28 Desember 2020 PCNU menyelenggarakan kegiatan pelantikan Jam’iyyatul Qurra wal Hufadzd dan Haflah Al Qur’an serta doa selamat pasca pilkada 2020 yang berjalan lancar dan aman yang difasilitasi PCNU Padangย  Pariaman. Pada saat itu dikatakan bahwa setiap kegiatan PCNU Padang Pariaman mari jadikan pasar untuk memasarkan semua produk yang sudah diproduksi kader-kader Fatayat, sepertinya yang diusulkan oleh rekan Ajat (Ahmad Sudrajat, Komisioner BAZNAS RI),” jelas Kiai Zainal, Ketua Tanfidziyyah PCNU Padang Pariaman Sumbar.

Dalam kunjungannya, Kiai Zainal bersama sekretaris PCNU Padang Pariaman, Andri Susanto, S.PdI, Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni, Ketua Fatayat Padang Pariaman, Daslina, dan Nuraini, S.Pd selaku pendamping pengembangan ekonomi di lingkungan PCNU Padang Pariaman, juga berharap dengan adanya dukungan dari Bapak Bupati, Ali Mukhni, program ini dapat menjadi langkah awal mewujudkan masyarakat NU mandiri, berdikari, salam ekonomi, dan kreatif di tengah pandemi.

“Kekuatan ekonomi Indonesia adalah dari UMKM ini, apalagi ditengah pandemi covid-19 ini, aktivitas secara bebas di raung luas dikurangi, maka UMKM adalah solusi tepat mempertahankan eksistensi ekonomi keluarga,” jelasnya.

Dalam rangka memperkuat kelangsungan peningkatan ekonomi melalui UMKM ini, PCNU Padang Pariaman sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak.

“Dukungan semua pihak sangat diharapakan, apalagi program-program pusat bisa disalurkan pada kegiatan peningkatan ekonomi ini, dalam rangka mengayomi umat dan memajukan negeri,” jelasnya.

Untuk itu, dalam hal ini PCNU, akan berkolaborasi dengan semua elemen yang bisa diajak kerjasama. Rencananya, pada hari Senin, 18 Januari 2021 akan dilakukan kegiatan sosialisasi lanjutkan peningkatan ekonomi melalui UMKM dan pendirian BUMNU yg melibatkan dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang dan Kepala Bank Nagari/BPD cabang Lubuk Alung. (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here