Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Agenda

Tanggapi Festival Dukun, PC JIHNU Banyuwangi Akan Selenggarakan Ijazah Dzikir

Banyuwangi, Dakwah NU
Pengurus Cabang Jamiyah Dzikir Ismul Haq (JIHNU) Kabupaten Banyuwangi akan mengadakan Ijazah Dzikir Ismul Haq, 7 khizib kubro dan khizib khusus dari Hadratussyekh K.H. Hasyim Asy’ari serta 40 Sholawat (Sholawat Nur-Muhammad) guna menangkal kegiatan para dukun sesat penyembah setan dan jin, yang keluar dari syariat.

Ijazah akan diselenggarakan secara dua tahap dengan menghadirkan Pengasuh JIHNU dari LD PBNU, K.H. M. Bahrul Ulum S.Ag M.IH Pertama, oleh Pengurus Cabang JIHNU 1 yang akan dilaksanakan pada Jumat, 26 Februari 2021, bertempat di Pondok Pesantren Mansya’ul Huda, Paspan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Kedua, dilaksanakan Pengurus Cabang JIHNU 2 pada Sabtu malam Ahad, 27 Februari 2021. bertempat di Pondok Pesantren Mambaul Ihsan. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, calon peserta dapat menghubungi narahubung yaitu, ketua PC JiHNU 1 Gus Ali, (Telp. 082330210735) atau ketua PC JIHNU 2, KH. M lukman Hakim S.Ag MM, (Telp/Wa : 085232609095)

Kegiatan Ijazahan ini merupakan salah satu bentuk tanggapan JIHNU soal Festival Dukun Banyuwangi yang belakangan banyak diberitakan. Berbagai tanggapan pun muncul, termasuk dari MUI pusat yang menyebutkan bahwa perdukunan dilarang berdasarkan fatwa MUI 2 Munas/VII/MUI/6/2005.

Sementara, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, K.H. Marsudi Syuhud mengatakan tidak apa-apa. Menurutnya, persoalan perdukunan sulit dihilangkan, karena merupakan kebutuhan masyarakat tradisional, baik di kalangan masyarakat intelektual, pejabat, maupun tokoh agama sangat dekat, bahkan sering mendatangi dan konsultasi dengan mbah dukun.

Sebagai informasi, Jamiyah Dzikir Ismul Haq (JIHNU) merupakan bagian dari sayap LDNU, yang berdiri sejak tahun 1992 di PCNU Mojokerto dan PWNU Jatim, kemudian tahun 2002 di LD PBNU hingga sekarang selalu berdakwah mensosialisasikan dan mengijazahkan dzikir, khizib, sholawat, dan bacaan khusus ayat suci Al Qur’an guna menambah cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Aamalan yang di ijazahkan tentu memiliki sanad yang jelas (mutabar) sebagai pegangan dakwah para dai baik di perkampungan maupun perkotaan untuk media (ruqyah) pengobatan segala macam penyakit dhohir maupun batin juga untuk menangkal sihir. Ijazah ini juga sebagai penggerak dan menumbuh suburkan amaliyah para kiai NU yang dalam zaman ini amat kurang di geluti para pemuda.

Di samping itu, amalan ini juga bisa membuat perubahan para pecinta ilmu hitam seperti santet, sihir dan saudaranya kembali dan tertarik kepada amaliyah para kiai pondok pesantren, sehingga akan sadar dan insaf kembali kepada jalan yang di ridhohi Allah. Sudah banyak dukun santet yang insaf kembali kejalan yang benar karena hasil manfaat Ijazah yang disampaikan. (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here