Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

AgendaInternasional

Tahun ini Ponpes Langitan Selenggarakan Haul Internasional secara Virtual

Tuban, Dakwah NU
Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan menyelenggarakan Haul ke-50 pengasuh Ponpes Langitan generasi keempat, KH. Abdul Hadi Zahid dan Masayayikh setempat. Rencananya Haul ini akan dilaksanakan dengan konsep virtual dan digelar secara internasional dari Pondok Pesantren Langitan.

Sebagai Informasi, Pondok Pesantren Langitan adalah salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang memiliki 5500 santri (data tahun 2017). Berdirinya lembaga ini jauh sebelum Indonesia merdeka yaitu tepatnya pada tahun 1852, di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan didirikan oleh KH. Muhammad Nur.

Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektare. Nama langitan berasal dari kata plangitan, kombinasi dari kata plang yakni papan nama, dan kata wetan yang berarti timur. Sebab dahulu di dekat pesantren berdiri sebuah papan nama barat dan timur, dan pondok pesantren langitan berada di dekat papan nama sebelah timur.

Kepemimpinan KH. Muhammad Nur berlangsung selama 18 tahun (1852-1870 M), kemudian dilanjutkan oleh Putranya KH. Ahmad Sholeh selama 32 tahun (1870-1902). Setelah beliau wafat, diteruskan oleh putra menantu KH. Muhammad Khozin selama 19 tahun (1902-1921 M). Kemudian kepengasuhan dilanjutkan oleh KH. Abdul Hadi Zahid selama kurang lebih 50 tahun (1921-1971 M). Pada tahun 1971 s.d. 2000 kepengasuhan dipercayakan kepada adik kandungnya yaitu KH. Ahmad Marzuqi selama 29 tahun (1971-2000 M). Dan dilanjutkan oleh KH. Abdullah Faqih.

KH. Abdullah Faqih, menurut Mbah Wali, KH. Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur mengatakan bahwa Kiai Abdulah Faqih (Pengasuh ke-6 Ponpes Langitan) adalah salah satu di antara tiga Abdullah penjaga Pulau Jawa.

Acara Haul Langitan ini dilaksanakan langsung atau secara offline di pondok pesantren langitan dan hanya dihadiri oleh santri atau yang mukim di pondok pesantren tersebut. Acara ini tetap memerhatikan protokol kesehatan, seperti cuci tangan, memakai masker, cek suhu tubuh, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Acara ini juga diikuti oleh seluruh alumni dan muhibbin dari seluruh nusantara, dan diikuti juga oleh alumni dari 5 Negara, yakni Malaysia, Arab Saudi, Mesir, Yaman dan Jerman secara Virtual. Haul virtual internasional ini disiarkan secara langsung melalui youtube Langitan TV.

Sesuai informasi yang didapatkan tim dakwah NU, rangkaian acara Haul Virtual Internasional dimulai dari Pembukaan Tahfidzul Qur’an Bil Ghoib pada 30 September pukul 06.00 WIB dan ditutup pada 01 Oktober 2020 pukul 06.00 WIB. Acara Inti : Haul Virtual akan diselenggarakan pada Kamis, 01 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB serta dengan acara puncak Maulid Nabi, pada Kamis 01 Oktober 2020 pukul 19.30 WIB. (Ahn)

*Marina Syelsyela (Mahasiswi Univ Negeri Jakarta)

Spread the love

Comment here

Dakwah Nusantara

Dakwah Ramah, Dakwahnya Ahlusunnah wal Jama'ah an-Nahdliyyah