Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Silaturahim Virtual Tidak Mengurangi Nilai Esensi

Jakarta, Dakwah NU
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Gus Helmy Faisal Zaini mengatakan silaturahim virtual di tengah pandemi Covid-19 tidak mengurangi nilai dan esensi silaturahim, terutama saat peringatan Hari Raya Idul Fitri.

“Sebab yang utama adalah menyambung rasa kasih sayang,” kata Gus Helmy kepada redaksi, Rabu (5/5).

Gus Helmy menuturkan dalam konteks menghadapi pandemi seperti saat ini, silaturahim dan halal bihalal bisa dilakukan melalui cara-cara yang sedapat mungkin meminimalisasi kontak fisik. Menurutnya, silaturahim merupakan salah satu ajaran yang sangat dianjurkan oleh Islam.

Silaturahim adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk merekatkan kembali nilai-nilai persaudaraan. Silaturahim bisa dilakukan dengan banyak cara.

Dia mengatakan mudik sebagai media silaturahim adalah sebuah tradisi yang baik, namun karena situasi pandemi, maka menghindar dari risiko penularan dengan tidak mudik adalah lebih utama. Demi mencegah penularan dan lonjakan kasus Covid-19 usai Lebaran, maka pemerintah melarang mudik.

Diharapkan masyarakat memahami kondisi tersebut demi melindungi diri dan masyarakat dari risiko penularan Covid-19. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengajak masyarakat memanfaatkan layanan secara virtual untuk aktivitas mudik Idul Fitri.

“Salah satu solusi mengatasi kerinduan terhadap keluarga untuk tidak mudik ini adalah melakukan berbagai upaya silaturahim secara virtual,” kata Doni dalam siaran pers yang disampaikan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPC PEN) yang diterima di Jakarta, Selasa (27/4).

Spread the love

Comment here