Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

RMI PBNU Sampaikan Rangkaian Agenda Peringatan Hari Santri 2021

Jakarta, Dakwah NU
Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Abdul Ghaffar Rozin memaparkan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 selama dua bulan ke depan.

“Sesungguhnya, kegiatan untuk menyambut hari santri ini sudah dimulai secara de facto. Beberapa bulan lalu RMI telah menyambut dengan bekerjasama Amazon Web Service menyelenggarakan kompetensi Santi 4.0 dan laptop untuk 100 pesantren, dan lomba untuk menjaring inovasi berbasis proyek,” tutur Kiai yang akrab disapa Gus Rozin itu, Rabu (8/9/21).

Gus Rozin mengatakan, kompetensi tersebut adalah bagian dari konsen RMI untuk mengajak pesantren agar lebih melek digital, masuk ke industri 4.0 dan era society 5.0. Kegiatan diikuti dengan sayembara logo dan tagline Logo Hari Santri Nasional,yang saat ini telah diluncurkan RMU PBNU.

Kegiatan selanjutnya adalah kick of program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk Santri. Sebab menurutnya, penting bagi santri untuk terus belajar dalam memajukan umat dan negara.

“LPDP insyaallah sebentar lagi akan meluncurkan beasiswa untuk santri S2 dan S3 dalam maupun luar negeri,” jelasnya.

Ketiga, yaitu agenda Santri Tani Milenial. RMI menilai, pesantren dan santru sangat perlu menandang persoalan pangan. Sebab geopolitik ke depan akan dipengaruhi tidak hanya isu energi tapi pangan. Dalam hal ini, lanjut Gus Rozin, RMI akan berkerja sama dengan ITB dan Kementerian Pertanian.

“Santri harus ikut ke sana, oleh karena itu para santri dan pesantren yang stakeholders besarnya petani nelayan dan UMKM RMI perlu merasa memandang atau memberdayakan santri tani milenial dengan berkerjasama dengan ITB, Kementerian Pertanian untuk menciptakan generasi milenial tani yang menguasai pertanian dengan teknologi,” tuturnya.

Selanjutnya, RMI akan mengadakan lomba cipta lagu. Hal ini bertujuan untuk mendorong agar santri terus berkaraya, dan mengetahui potensi yang mereka miliki. Perlombaan menulis lirik lagu ini akan melibatkan dewan juri dari musisi dan seniman papan atas seperti Addie MS, Noe Letto, serta Abdullah Wong.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah Duta Santri Nasional dan Festival Halal Fashion. Gus Rozin merasa, penting untuk optimis bahwa ke depan Indonesia menjadi kiblat fashion dunia. Dan saat bergerak ke sana santri tidak boleh ketinggalan.

“Ada Bintang Santri Akademi. Santri harus masuk dalam dunia medsos digital, lahir menjadi bintang baru. Dakwah bidang apapun. Ini ajang pencarian bakat santri di bidang tarik suara. Ini akan menjadi program luar biasa,” jelasnya.

Bintang Santri Akademi merupakan ajang pencarian bakat santri di seluruh Indonesia pada bidang tarik suara. Kegiatan ini juga akan melibatkan banyak musisi papan atas yakni Addie MS, Erwin Gutawa, Melly Goeslaw, Bens Leo, dan Vina Panduwinata.

Selanjutnya adalah sholawat Nariyah untuk negeri. Berdoa harus bershawat wajib. Walaupun memperingati Hari Santri dengan kegiatan panjang tapi tetap tidak boleh lupa berdoa dan bersholawat.

Sedangkan di bidang keilmuan, RMI akan mengadakan internasional Webinar dengan tajuk, santri membangun NKRI dari sudut pandang ekonomi budaya politik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan pesantren yang belum begitu terkenal sebagai wadah pendidikan terbesar di Indonesia.

Berikutnya adalah baca kitab karya KH. Hasyim Asy’ari. Amanat hari santri pada puncak perayaan penyampaian pidato kebudayaan amanah dari ketum PBNU untuk memberikan arah ke mana Indonesia harus menuju dan bagaimana Nahdliyin harus menyambut ini.

“Ini beberapa agenda yang saat ini dirancang dengan baik, insyaallah kita berdoa dan memohon restusti para kiai agar agenda berjalan dengan lancar. Dan kita semua mendapat manfaat dan Khidmah dari agenda yang sedang dan akan kita lakukan. Tidak menutup kemungkinan yang menarik untuk ditampilkan, kita akan menambahkan beberapa hal agenda ini agar hari santri kita semakin menarik secara dhohir dan batin,” pungkasnya. (fbr)

Spread the love

Comment here