Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Taushiyah

Rindu Disentuh, Ilmu dan Wejangan

Hamdan Suhaemi

Jakarta, Dakwah NU
Terkadang prahara hidup tidak lagi sebagai hijab dari pandangan untuk dekat dengan sang pencipta, tapi perlu ditempatkan menjadi ” sahabat karib penderitaan ” yang tak perlu disesali. Jalan kita menuju kebaikan memang berkelok, tujuan menghadap Tuhan pun kita terkesan abai.

Hati ini perlu disentuh oleh ” jiwa-jiwa Tuhan ” yang abadi dalam dekapan kerinduan.

مِمَّايَدُلُّكَ على وجُودِ قهرِهِ سُبْحانهُ ان حجبكَ عَنهُ بما ليسَ بموجُودٍ معه

Diantara bukti-bukti yang menunjukkan adanya kekuasaan Allah yang luar biasa, ialah dapat menghijab engkau dari pada melihat kepada-Nya dengan hijab tanpa wujud di sisi Allah SWT.

الحقُّ ليسَ بِمحجُوبٍ وَاِنـَّماَ المحجُوبُ انتَ عنِ النظَرِ اليهِ اذ ْ لَوْ حجَبَهُ شَيءٌ لسَتَرَهُ ولوكاَنَ لهُ ساتِرٌ لكانَ لِوُجُدِهِ حاصِرٌ وكلُّ حاصِرٍ لشىءٍ فَهُوَ لهُ قاَهِرٌ وَهُوَالقاَهِرُ فوَقَ عبادِهِ

Artinya : al-Haq ialah Allah subhanahu wata’ala, tiada terhijab oleh sesuatu apapun, sebab tidak mungkin adanya sesuatu yang dapat menghijab Allah. Sebaliknya manusialah yang terhijab sehingga tidak dapat melihat adanya Allah. Sebab sekiranya ada sesuatu yang menghijab Allah, berarti sesuatu itu dapat menutupi Allah, dan andaikata ada tutup bagi Allah, berarti wujud Allah dapat terkurung dibatasi, dan sesuatu yang mengurung membatasi itu, dapat menguasai yang dibatasi, padahal Allah yang berkuasa atas segala makhluk-Nya.

مااَرادتْ هِمّـَة ُ سالكٍ ان تقِفَ عِندَما كُشِفَ لهاَ الاَّونادَتـْهُ هَوَاتِفُ الحقيقَةِ الَّذى تطْلُبُهُ امامكَ وَلاَ تبَرَّجَتْ ظَواهِرُالمكوّناتِ الاَّ ونادتكَ حقاَءـقهاَ انَّما نحنُ فِتنةٌ فلا تـكفـُرْ

Artinya : tiada kehendak dan semangat orang salik ( yang mengembara menuju kepada Allah ) untuk berhenti ketika terbuka baginya sebagian yang ghoib, melainkan segera diperingatkan oleh suara hakikat. Bukan itu tujuan, dan teruslah mengembara berjalan menuju ke depan. Demikian pula tiada tampak baginya keindahan alam, melainkan diperingatkan oleh hakikatnya: Bahwa kami semata-mata sebagai ujian, maka janganlah tertipu hingga menjadi kafir.

Ilmu itu seperti air mengaliri kanal-kanal kebenaran untuk hidup yang baik. Disini perlu sentuhan ulama yang sholeh dan wara’ untuk mencuci ” tasyaghul ” ( sibuk ) atas perkara dunia.

Hikmah kebijaksanaan adalah wejangan untuk sikap dan perjalanan, dimana hidup tidak harus dimaknai ketentuan yang memenjarakan. Tapi memperhalus budi, mempertegas arah, membersihkan niat.

Aku datang untuk menemui sumber-sumber kerinduan yang mengalir jernih dari kata dan nasihat ulama.

Ber-NU tak lain ” payung malaikat ” dalam mengelola batin yang sepi dari cahaya Tuhan.

Penulis”
Hamdan Suhaemi
Wakil Ketua PW GP Ansor Banten
Ketua PW Rijalul Ansor Banten

Abdus Saleh Radai
Spread the love

Comment here