Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Ramai Polemik Kotak Amal, Begini Tanggapan Gus Yahya

Jakarta, Dakwah NU
Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf memandang fenomena kotak amal yang aliran dananya disalahgunakan harus menjadi momentum pembenahan ke depannya.

Sebelumnya, Pihak Kepolisian mengungkapkan adanya kotak amal di beberapa daerah yang digunakan untuk mendanai aktivitas kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI). Terkait hal ini, Menurutnya, diperlukan adanya sebuah aturan yang bisa mengatur lebih ketat lagi.

“Perlu regulasi untuk menjamin legalitas dan kepatutan pemungut amal serta audit peruntukannya,” ujar Kiai Yahya Cholil Staquf dalam keterangan resminya, Kamis (17/12/2020) malam.

Menurut Kiai yang akrab disapa Gus Yahya ini, sebenarnya fenomena kotak amal ini telah menjadi sorotannya sejak lama. Salah satunya, terkait dengan peruntukan dana yang sudah terkumpul. “Selama ini memang kurang ada kejelasan tentang asal-usul dan peruntukan dari berbagai kegiatan pungutan amal, termasuk melalui kotak-kotak amal itu,” kata Ahli Diplomat Internasional ini.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengungkap ciri-ciri kotak amal yang aliran dananya diduga disalahgunakan untuk mendanai aktivitas kelompok terorisme Jamaah Islamiyah.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut, salah satu cirinya adalah kotak kaca dengan rangka aluminium untuk wilayah Jakarta, Lampung, Malang, Surabaya, Temanggung, Yogyakarta, dan Semarang.

“Kotak kaca dengan rangka kayu untuk wilayah Solo, Sumut, Pati, Magetan, dan Ambon,” kata Argo.

Spread the love

Comment here