Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

PWNU Optimis DKI Menjadi Role Model Penanggulangan Covid-19

Jakarta, Dakwah NU
Dalam rangka ikhtiar Bathin memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta bersama pemerintah menyelenggarakan Majelis Ilmu dan Shalawat (MAIS) dalam rangka Jakarta bersholawat.

Ketua PWNU DKI Jakarta Doktor KH Samsul Ma’arif mengatakan, PWNU tidak henti-hentinya melakukan ikhtiar-ikhtiar dalam mencegah Covid-19. Beliau memberikan apresiasi terhadap Gubernur Anis Baswedan, Kapolda serta tokoh masyarakat yang telah melakukan ikhtiar, baik itu ikhtiar lahir mau pun ikhtiar batin.

Ikhtiar lahir di antara lain yaitu mengikuti protokol kesehatan, vaksin, serta mengikuti PPKM yang telah ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah yang merupakan bentuk dari ketaatan kepada ajaran agama.

“Adapun ikhtiar batin mengajak para ulama dan kiai, bahwa jika dulu Hadratussyaikh Kiai Hasyim Asy’ari menggelorakan yang disebut resolusi jihad untuk melawan penjajah yang merupakan musuh terlihat, sekarang PWNU DKI Jakarta menggelorakan resolusi jihad kemanusiaan yang musuhnya tidak terlihat. Mengumpulkan senjata, yakni senjata doa, sholat, dan zikir. Itulah senjata terakhir setelah melakukan ikhtiar lahiriah,” kata Kiai Samsul, Kamis (5/8).

Ia mengingatkan kepada para ulama untuk sepatutnya malu apabila tidak bisa mengajak masyarakat untuk sama-sama melakukan ikhtiar. Karena menurut Kiai Samsul, masih ada sekelompok orang yang belum mau divaksin dengan alasan yang beragam.

Ia pun mengimbau dengan untuk terus mengajak masyarakat dengan cara yang baik, memberikan pemahaman dengan kesantunan ucapan, agar masyarakat tak merasa dipaksa, melainkan timbul kesadaran.

“Perlu ditekankan bahwa kita perlu mendakdawahkan kepada mereka dengan penuh kesantunan, agar mereka mau mengikuti imbauan pemerintah,” imbuhnya.

Ikhtiar ini menurutnya merupakan bentuk meraih kedamaian, dan sudah sepatutnya kedamaian yang dimiliki Islam digunakan di saat seperti ini.

“Saya yakin, DKI Jakarta akan menjadi contoh untuk provinsi yang lain dalam menangani Covid-19 karena DKI sudah melakukan ikhtiar secara lahir mau pun batin,” tutupnya. (red)

Kontributor: Riri
Editor: Faqih

Spread the love

Comment here