Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

PPM Nurul Hikmah Gelar Khotmil Quran dan Haflah Akhirussanah Virtual

Semarang, Dakwah NU
Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hikmah (PPM NH), Tembalang, Semarang Ustadz Ahmad Muhlisun menyampaikan apresiasi kepada para khotimat dalam acara Khotmil Qur’an dan Haflah Akhirussanah virtual pada Minggu, (4/4/2021).

Dalam sambutannya, Ustadz Muhlisun menyampaikan bahwa Khotmil Quran ini bukan sebagai ujung di akhir laga, bukan hasil akhir.  “Aslinipun Khotmil Quran niki mboten sebagai ujung daripada akhir laga, cara bal-balan niku bukan hasil akhir (Sebenarnya Khotmil Quran ini bukan sebagai ujung di akhir laga. Seperti sepak bola, ini bukan hasil akhir).”

Wong golek ngilmu niku boten wonten asmanipun telat. Keranten ilmu niku pinaringan e Gusti Allah (Orang mencari ilmu tidak ada istilah terlambat. Karena ilmu adalah pemberian Allah),” tambah Ustadz Muhlisun.

Walaupun sudah khatam Al Qur’an, bukan berarti lantas santai-santai, tenang, seakan bebas dari tanggungan. Justru dengan Khotmil Qur’an ini menjadi penambah semangat untuk terus mengoptimalkan diri dalam mengaji.

Terutama bagi santri baru, santri tahfidzul Quran, dan seluruh santri pada umunya, acara ini seyogyanya menjadi pacuan motivasi untuk meniru jejak khotimat tahun ini. 

Mugi-mugi doaken mawon, tahun ngajeng wonten ingkang khataman bilghoib (Semoga, doakan saja, tahun depan ada yang khataman bilghoib),” harap Ustadz Muhlisun.

Alumni PP Al-Anwar, Sarang, Rembang itu menambahkan bahwa banyak orang yang mengharapkan keselamatan, Tetapi tidak sedikit yang mau meniti jalan selamat. Beliau menganalogikan seperti halnya perahu yang tidak dapat berjalan di atas medan yang kering. Begitu pula jika ingin selamat, syaratnya hanya satu, harus mau berada di jalan selamat.

Sampun khataman, pesen e kula, jadilah suatu uswatun hasanah, saged nuntuni adik-adik seng teng mriki (Sudah khataman, pesan saya jadilah suatu uswatun hasanah, bisa menuntun adik-adiknya yang di sini),” pinta Ustadz Muhlisun.

Semarak Khotmil Qur’an dan Haflah Akhirussanah
Khotmil Quran dan Haflah Akhirussanah virtual yang mengusung tema ‘Peran dan Wadhifah Santri di dalam Perkembangan Zaman’ ini merupakan acara tahunan PPM NH yang dilaksanakan dalam menyambut bulan suci Ramadan

Acara dilaksanakan dalam dua sesi. Pertama, Khotmil Quran dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, kemudian dilanjutkan pengajian yang dilaksanakan pada malam hari pukul 19.30 WIB s.d 22.15 WIB.

Kegiatan ini merupakan acara puncak, setelah tiga minggu sebelumnya diadakan berbagai perlombaan antar santri.

Adapun perlombaan santri putra terdiri dari Lomba Cerdas Cermat (LCC), Lomba Da’i, Lomba Cover Nadhom Mandzumah Ubaidirobbih al-Jurumiyyah, Lomba Kebersihan, dan Lomba Futsal. Sementara perlombaan santri putri meliputi Fun Games, Lomba Hafalan Surah al-Mulk, dan Lomba Cover Nadhom Mandzumah Ubaidirobbih al-Jurumiyyah

Santriwan maupun santriwati sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara Haflah. Banyak persiapan dan latihan dalam menampilkan persembahan terbaik sesuai grup kompleksnya.  

Selain untuk menyemarakkan akhirussanah, tujuan diadakannya lomba-lomba pra-akhirussanah ini juga sebagai asupan motivasi santri agar semangat dalam fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Intinya untuk meramaikan akhirussanah dan refreshing santri,” kata ketua pelaksana akhirussanah, Akhmad Mudrik Al Faqih.

Tahun ini adalah tahun kedua PPM NH mengadakan Khotmil Quran dan Haflah Akhirussanah, setelah sebelumnya sukses menggelar secara luring di tahun 2019. (fqh)

Kontributor: Alvina Maghfiroh
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here