Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Aswaja NUHikmahNasional

Pimpin Istighotsah, Kiai Misbah Amaliahkan Aswaja NU Berikut Penjelasan

Jakarta, Dakwah NU
Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) KH. Misbahul Munir Cholil saat memimpin istighotsah yang digelar LD PBNU pada Kamis (17/12/2020) malam mengajak umat Islam khususnya warga Nahdliyin untuk bersyukur kepada Allah Swt. Beliau juga mengingatkan untuk selalu berdoa dan berdzikir kepada Allah Swt agar diberikan keselamatan dari segala macam bahaya.

“Bersyukur kepada Allah, karena dipertemukan dalam keadaan sehat. Berdoa dan berdzikir untuk memohon kepada Allah agar memberi keselamatan diri kita, keluarga, bangsa, diselamatkan dari mara bahaya, diselamatkan dari penyakit, dan Allah memberikan kerukunan, kedamaian, ketentraman pada bangsa dan negara ini. Dijauhkan dari segala mara bahaya dan perpecahan,” katanya mengawali pembacaan istighotsah.

Pada kesempatan ini, Kiai Misbah juga mendoakan kepada pengurus seluruh kepengurusan Nahdlatul Ulama (PBNU, PWNU, dan PCNU),dan juga kepada ulama yang meninggal pada saat Covid-19 ini. “Semoga menjadi tambahan mereka, dan yang masih hidup diberikan kesehatan lahir dan batin,”. Kiai Misbah kemudian mendoakan pemimpin baik itu Presiden, Gubernur, Bupati, agar diberikan petunjuk untuk kuat memimpin umat menjadi bangsa yang membawa keberkahan dunia dan akhirat.

Saat pembacaan sayyidul istighfar, Kiai Misbah mengingatkan bahwa Istighfar merupakan bentuk pengakuan salah di hadapan Allah SWT agar bangsa ini diberikan jalan keluar bagi berbagai macam persoalan yang dihadapi. Menurut Kiai Misbah, Allah akan berikan keamanan kepada diri kita, keluarga kita, dan juga bangsa Indonesia dengan selalu beristighfar.

Kiai Misbah yang juga Pakar Aswaja ini mengajak umat untuk membaca Qur’an Surah Al Fiil. Pada saat pembacaan Kiai Misbah seakan akan tangannya mengisyarahkan melempar batu. Hal ini dimaksudkan untuk menghancurkan musuh musuh Islam dan juga NU, pada saat kalimat tarmihim, dimaksudkan supaya Jam’iyah NU selalu dilindungi oleh Allah SWT dari musuh yang ingin menghancurkannya. Pembaacan QS Al Fill ini dibaca sebelas kali oleh Kiai Misbah.

Lebih lanjut Kiai misa juga mengajak membaca umat Islam untuk selalu membaca Sholawat Asyighil agar musuh agama musuh bangsa disibukkan dengan kedzholimannya sendiri. Hal ini merupakan ikhtiar dengan itikad baik membentengi diri.

Tidak hanya membaca Sholawat Asyighil, Kiai Misbah memantapkan istighotsah pada malam itu dengan pembacaan Sholawat Thibbil Qulub, dengan barokah Allah jauhkan diri kita dari segala penyakit terutama penyakit Covid-19. “Semoga berkah sholawat memberikan kita keselamatan untuk diri kita, keluarga kita, dan bangsa ini,” doanya mengakhiri rangkaian pembacaan Istighotsah. (fqh)

Kontributor : Via Qurrotaaini
Editor : Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here