Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Pesan Gus Yahya untuk Para Santri

Jakarta, Dakwah NU
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf berpesan kepada para santri agar tidak berkecil hati dalam menuntut ilmu.

“Santri itu pertama mengagungkan mengagumi guru-guru kita. Karena guru-guru kita ini memang kiai yang istimewa alim. Tapi tidak berarti kita lalu berkecil hati merasa tidak mampu mengejar kualitas yang dulu sudah pernah dicapai guru kita,” ujarnya dalam video tayangan NU Online, Kamis (13/2/22)

Beliau menuturkan, dahulu para guru juga tidak pintar. Menurutnya, tidak ada orang alim gawan (dari) bayi, itu tidak ada.

“Guru-guru hebat itu juga awalnya tidak pintar, maka satu ga boleh berkecil hari,” tandasnya.

Walaupun mengagungkan guru, lanjut Gus Yahya, para santri harus tetap punya semangat untuk mengembangkan kapasitas setinggi-tingginya. Kalau bisa menyamai guru atau bahkan bisa melebihi.

Beliau mencontohkan, Imam Muhammad bin Abdullah bin Malik, yang berani mengatakan alfiyahnya itu lebih baik dari guru-gurunya ya karena beliau berbesar hati.

“Guru kita menjadi alim ulama itu ya karena tidak berkecil hati. Bodoh si bodoh ya sekarang, tapi kita bisa belajar menempa diri untuk menjadi alim seperti guru-guru kita,” pungkasnya. (fbr)

Spread the love

Comment here