Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

LD PBNU Gelar Istighotsah dan Tahlil Bersama untuk Korban Pesawat Sriwijaya SJ 182

Jakarta,ย DAKWAH NU
Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) menggelar istighotsah dan tahlil bersama untuk para korban kecelakaan pesawat Sriwijaya SJ 182 yang dipimpin oleh Wakil Ketua LD PBNU, K.H. Misbahul Munir.

“Alhamdulilah bersyukur kepada Allah, kita diberi kesehatan, kekuatan iman dan Islam sehingga kita bisa bersilaturahim dalam rangka turut berduka cita atas musibah yang menimpa para penumpang pesawat Sriwijaya SJ 182,” kata Kiai Misbah dalam acara yang digelar secara virtual, Minggu (10/1/2021).

Dalam acara tersebut, Kiai Misbah mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya partisipan acara untuk mengirimkan Surah al-Fatihah, Yasin, dan tahlil untuk semua almarhum-almarhumah korban kecelakaan pesawat.

“Karena itu mari kita bantu, mayit di dalam kubur tidak ubahnya orang tenggelam minta tolong. Karena itu mari kita tolong dengan apa, Al Fatihah, dengan apa dengan Yasin, dengan apa dengan membaca tahlil. Insyaallah apa yang kita lakukan akan diterima oleh Allah SWT, sebagai tambahan amal mereka, menghadap Allah SWT,” jelasnya.

Selanjutnya, Kiai Misbah juga memberikan stimuluas kekuatan mental dan memberikan ungkapan takziyah kepada para keluarga korban. Ia berharap, semua dapat tawakal dan pasrah dalam menerima ketentuan Allah.

“Untuk itu kepada keluarganya, mohon sabar, inilah musibah, dan dikala mendapat musibah kita mengatakan innalilahi wa innailaihi raji’un, kita miliknya Allah dan akan kembali kepada Allah,” tuturnya.

Di akhir, beliau mengingatkan untuk tidak lupa mendoakan para petugas lapangan yang sedang berusaha mengevakuasi reruntuhan pesawat. Tim petugas ini merupakan salah satu cermin bentuk kepedulian antar sesama manusia dalam berbangsa dan bernegara.

“Selanjutnya, kepada para petugas yang ada di lapangan mari kita support, sekiranya mereka diberi kekuatan keikhlasan oleh Allah, karena apa karena Rasulullah mengingatkan bentuk kepedulian terhadap sesama manusia itu bagian daripada bukti atau tanda mereka adalah umat Muhammad SAW,” ungkapnya.

Acara ditutup dengan pembacaan doa wahbah secara singkat, yang dipimpin oleh Kiai Misbah. Dengan membaca doa ini, diharapkan semua doa Yasin dan tahlil terlepas dari semua khilaf dan dapat diterima oleh Allah SWT.

Allahumma taqobbal wa aushil tsawaba
(Ya Allah tolong sampaikan apa yang saya baca ini kepada almarhum dan almarhumah). (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here