Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

PBNU Dukung Penuh Usulan Syaikhona Cholil-Mbah Bisri Jadi Pahlawan

Jakarta, Dakwah NU
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) turut menyambut baik terkait usulan penobatan Pahlawan Nasional kepada dua ulama besar Nusantara, yaitu Syekh Kholil al-Bangkalani dan K.H. Bisri Syansuri.

Atas hal ini, Ketua Harian Tanfidziyah PBNU, K.H. Robikin Emhas mengatakan bahwa gelar Pahlawan Nasional sebenarnya tidak akan sepadan dengan apa yang telah dilakukan kedua ulama tersebut untuk negeri ini. Namun, setidaknya hal itu bisa menambah spirit para generasi penerus untuk meneruskan perjuangan keduanya.

”Alhamdulillah.Terimakasih, Pak. Indonesia berhutang tak terkira kepada Syaikhona Kholil. Gelar pahlawan tak akan sepadan untuk membayarnya. Namun setidaknya bisa menambah spirit meneruskan perjuangan beliau bagi kami selaku anak bangsa, termasuk untuk Mbah Bisri Syansuri,” ujar Kiai Robikin melalui akun Twitter @robikinemhas, dikutip Senin (15/2/2021).

Pernyataan Kiai Robikin tersebut merupakan respon atas cuitan Wakil Ketua MPR yang juga politikus PKS Hidayat Nur Wahid, yang menyatakan dukungan fraksinya, agar kedua tokoh tersebut dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. ”Presiden @PKSejahtera, Ahmad Syaikhu, alumni Pesantren Buntet Cirebon, menyatakan secara resmi dukungan PKS agar pemerintah mengakui dan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Ulama Pejuang seperti Syekh Kholil al-Bangkalani dan K.H. Bisri Syansuri,” tulis Hidayat.

Dikutip dari Sindonews.com, sebelumnya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR melalui wakil ketua, Marwan Dasopang, juga telah mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) segera menindaklanjuti usulan gelar Pahlawan Nasional bagi Syekh Kholil al-Bangkalani dan K.H. Bisri Syansuri. Dua sosok tersebut dinilai memenuhi persyaratan untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional atas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

”Syekh Kholil al-Bangkalani atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Kholil Bangkalan dan K.H. Bisri Syansuri dinilai pantas menyandang gelar Pahlawan Nasional. Bahkan tahapan pengusulan Syaikhona Kholil dan K.H. Bisri Syansuri sebagai Pahlawan Nasional telah diajukan ke instansi pemerintah daerah. Maka, kami mendesak agar hal itu segera ditindaklanjuti di tingkat pemerintah pusat,” ujar Marwan. (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here