Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Aswaja NU

Ngaji Kitab Risalah Ahlissunah Wal Jama’ah karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari 77

KH. Hasyim Asy'ari-Rislah

Kediri, Dakwah NU

قال المؤلف رحمه الله تعالى:
ومنها ان أمام الدجال سنون خدعات يكذّب فيها الصادق ويصدّق فيها الكاذب ويخوّن فيها الأمين ويؤتمن فيها الخائن ويتكلم فيها الرويبضة, قيل وما الرويبضة ؟ قال الرجل التافه يتكلم فى امر العامة ( رواه إمام الأحمد والزاو عن انس ابن مالك رضى الله عنه )

“Di antara tanda kiamat bahwa di depan Dajjal selama bertahun-tahun akan ada banyak penipuan-penipuan, pada saat itu orang yang jujur dianggap pendusta dan orang yang bohong dianggap orang yang jujur, orang yang terpercaya dianggap khianat dan orang yang khianat dianggap terpercaya, pada masa itu akan dibicarakan tentang Ruwaibidloh. Ditanyakan, apa itu Ruwaibidloh? Rasulullah shallallahu alayhi wasallam menjawab: yaitu seorang laki-laki yang bodoh dan rendah berbicara tentang urusan orang banyak. HR al Imam Ahmad dan al Bazzar dari Anas bin Malik radliyallahu Anhu

Catatan:
Munculnya Dajjal adalah salah satu tanda besar kiamat. Namun sebelum Dajjal muncul akan muncul orang-orang yang memiliki sifat Dajjal, yaitu suka berbohong, menipu dan melakukan tipu daya.

Pada masa itu sulit dibedakan antara orang yang jujur dan pembohong, orang yang terpercaya dan pengkhianat. Sehingga banyak pembohong yang dibela dan banyak para pengkhianat yang dianut dan diberi amanah, berupa jabatan baik dalam urusan dunia maupun urusan agama dan akhirat.

Pengkhianat yang paling berbahaya adalah pengkhianat dalam ilmu agama, yaitu mereka yang suka mengobral fatwa agama tanpa ilmu. Sehingga hukum agama menjadi rancu, yang benar dianggap salah dan yang salah dianggap benar, yang halal dianggap haram dan yang haram dianggap halal.

Pada masa sekarang ini para ulama yang jujur dengan keilmuannya justru dijauhi, sedangkan mereka yang bohong dalam keilmuan justru didatangi dan dipuji-puji sebagai seorang ulama panutan.

والله اعلم بالصواب

Oleh : Dr. KH. Asy’ari Masduki, S.HI., MA
Pengasuh Majlis Ta’lim Baitul Iman – PP Syahamah Kediri, Aswaja NU Center Kab Kediri dan Pengurus LDNU Kediri Jawa Timur

Abdus Saleh Radai
Spread the love

Comment here