Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Nahdliyin Smartbox, Inovasi Multimedia Digital PBNU dan Zamedia

Bandung, DAKWAH NU
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerja sama dengan Zamedia mengeluarkan inovasi multimedia digital baru bernama “Nahdlyin Smartbox”. Sebelumnya, pada hari Jumat 22 Januari 2021, telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama sekaligus launching Nahdliyin Smartbox betempat di El Hotel Royale Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Jumat (22/1/2021).

Dalam acara tersebut, turut hadir H. Eman Suryaman (Ketua Bidang Ekonomi NU), Ayi Koswara (Founder & CEO Zamedia), Ahmad Mansur (Ketua LPNU Jabar), Ganjar Abdul Mujib (LP Ma’arif Jabar), Deden Kiagus (Wakil Ketua PWNU Jabar), Aep Saepulloh (Ketua Pergunu Jabar),  Ahmad Heryawan (mantan Gubernur Jabar), Nety Prasetiyani dan Elva Hartati (anggota Komisi IX), Ineu Purwadewi (Wakil Ketua DPRD Jabar), dan Ketua Pusdai Jabar, K.H. M. Choirul Anam MZD.

Nahdliyin Smartbox merupakan perangkat digital berbasis android yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membangun ekonomi kerakyatan dan mencetak usahawan baru dari lingkungan pesantren khususnya umat Nahdliyin.

Menurut Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), H. Eman Suryaman, nantinya dakwah hingga produk UMKM NU bisa diakses di Nahdliyin Smartbox. Dengan begitu, pemberdayaan umat lewat UMKM dengan memanfaatkan teknologi bisa berjalan.

Beliau menuturkan Nahdliyin Smartbox merupakan salah satu kreasi NU dalam membangun ekonomi umat di masa pandemi. Menurutnya, jika NU diam tidak ada kegiatan gerakan maka ini akan terjadi masalah besar.

“Kehadiran Nahdliyin Smartbox memudahkan dan memberikan ruang bisnis untuk menjawab tantangan zaman itu,” tutur Eman.

Selanjutnya, founder sekaligus CEO Zamedia Ir. Ayi Koswara menyebutkan Nahdlyin Smartbox memiliki layanan khusus kebutuhan dakwah NU, serta dilengkapi dengan konten education entertainment yang sejalan dengan program pemerintah pusat atau daerah untuk mewujudkan kecerdasan bangsa.

Selain layanan televisi, Nahdliyin Smartbox juga bisa diakses menggunakan telepon seluler (android) terutama untuk fitur ekonomi. Fitur yang tersedia selain layanan program TV, juga menyediakan layanan pemasaran produk UMKM dari masyarakat Nahdliyin.

Menurutnya, konten fitur itulah yang membedakan Nahdliyin Smartbox dengan Smartbox untuk masyarakat umum. Layanan Nahdliyin Smartbox dikemas sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan umat Nahdliyin di seluruh Indonesia.

“Selain fitur program TV dan UMKM, ini juga sebagai sarana dakwah NU kepada Nahdliyin di seluruh Indonesia sehingga mereka dipertemukan dalam satu layar,” tuturnya.

Peran NU di era industri 4.0
Nahdlatul Ulama sebagai organisasi masyarakat (ormas) terbesar di Indonesia sangat mendukung gerakan inovatif Nahdliyin Smartbox. Kiai Eman berharap hal ini dapat memberikan berbagai kemudahan dan menumbuhkan jiwa wirausahawan di kalangan masyarakat Nahdliyin serta menjadi contoh bagi ormas lainnya.

Beliau mengemukakan, NU merupakan organisasi Islam yang terbuka dan memberi peluang bagi siapapun untuk bekerja sama selama memberi kemaslahatan. “Nahdliyin Smartbox salah satu cara kami umat Nahdliyin dalam membangun Indonesia maju,” ujarnya.

Zamedia, perusahaan berbasis digital melihat bahwa Smartbox sejalan dengan NU dalam mengamati kondisi serta trend ke depan, sehingga ini bisa menjadi peluang untuk berperan aktif dalam mendukung program pemerintah untuk menghadapi revoluasi industri 4.0.

“Kerjasama inovasi Nahdliyin Smartbox ini adalah yang pertama dan diharapkan akan menjadi percontohan bagi organisasi besar lain dalam menyikapi era digital 4.0,” jelas Ir. Ayi Koswara.

Beliau menuturkan, alasan Zamedia menggandeng NU dalam mengeluarkan Smarbox ini karena NU merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan jumlah anggota sekitar 49 juta.

“Nahdliyin Smartbox menggabungkan seluruh aplikasi atau lini bisnis di NU menjadi suatu sistem terintegrasi. Selain itu, mengangkat UMKM dari warga NU. Bahkan Nahdliyin Smartbox bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh,” tuturnya.

Dikutip dari INewsJabar.id, nantinya untuk menjalankan operasional kegiatan dan layanan Nahdliyin Smartbox, NU dan Zamedia sepakat menunjuk PT Amanah Nusantara Informatika (PT ANI) sebagai entitas yang menaungi produk multimedia digital dan solusi lain ke depannya.

“PT ANI yang akan bergerak memasarkan Nahdliyin Smartbox di kalangan NU. sedangkan Zamedia sebagai penyedia perangkat keras dan lunak serta infrastrukturnya,” ujar Ir. Ayi. (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here