Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Majlis Ta’lim Thariqul ‘Izzah Mataram dan LDNU NTB, Peringati Maulid Nabi SAW

Mataram, Dakwah NU
Pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 yang bertepatan dengan 23 Rabiul Awwal 1443 H, Majlis Ta’lim Thariqul ‘Izzah Mataram yang merupakan binaan Ust. Gustiwang (Ketua LDNU NTB) mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Yayasan Thariqul ‘Izzah Mataram.

Hadir dalam acara tersebut Dr. HM. Saleh Ending (Wakil Ketua PWNU NTB dan Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram), Suaeb Qury (Ketua Komisi Informasi Prov NTB, Ketua LTN NU NTB), para Tuan Guru LDNU NTB, Ketua LPPNU NTB, sejumlah tokoh masyarakat dan jamaah Thariqul ‘Izzah Mataram dari Kota Mataram dan Lombok Barat.

Kyai Agus Gustiwang Saputra, selaku Ketua Lembaga Dakwah NU NTB menyampaikan bahwa Maulid kali ini mengusung tema, ‘Meneladani akhlaq Rasulullah SAW yang agung dan meneguhkan amaliyyah aswaja an-nahdliyyah’, apalagi di era medsos seperti saat ini teramat sangat penting.

“Di era medsos yang sangat terbuka ini, hanya dengan meneladini akhlak Rasul dan menguatkan amaliyah aswaja saja yang dapat menyelatkan umat,” Kyai Gustiwang, menegaskan.

Kyai Gustiwang juga berpesan, lunturnya akhlaq mulia, seperti terlibat dalam penyebaran Hoax dan kuatnya narasi yang menolak peringatan maulid nabi saw di masyarakat urban adalah sebuah bukti bahwa tantangan dakwah bagi Da’i NU makin luas cakupannya.

Padahal Allah SWT jelas dalam Al-Qur’an memperkenankan kita mengekpresikan kesyukuran kita atas kelahiran Nabi SAW dengan bersuka cita, sebagaimana firman-Nya:

قل بفضل الله وبرحمته فبذالك فليفرخوا هو خير مما يجمعون

“Katakanlah : “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, maka hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”
(QS 10 Yunus : 58)

TGH. Samsahudi, MHI (Pengurus LDNU NTB, Pengasuh Ponpes Ishlahul Huda Lingsar dan Ka.Prodi Ekonomi Syari’ah IAI Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah) yang memberikan taushiyyah juga menyinggung pentingnya kemuliaan akhlaq. Beliau mengambil ibroh dari kisah Perang Khandaq (Ahzab) tentang Sayyidina Ali ra yang diludahi musuh dan harus menata hati terlebih dahulu agar niat jihad fi sabilillah nya tidak terkotori.

Sementara DR. HM. Saleh Ending mewakili PWNU NTB memotivasi jamaah untuk benar-benar cinta Rasulullah SAW & memelihara tradisi maulid yang mulia ini.

Pembacaan Shalawat Nabi SAW yang berlangsung sekitar setengah jam dipimpin oleh Ustadzah N. Siti Hulaelah (Ketua Majlis Ta’lim Thariqul ‘Izzah Mataram & Kepala Sekolah RA Thariqul ‘Izzah Mataram) dengan suaranya yang indah penuh penghayatan telah membuat jamaah larut dalam haru birunya cinta Rasulallah SAW.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadzah Suknah Rivai, S.Pd.I, seorang Qari’ah terkenal di NTB. Yang dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan lagu Mars Syubbanul Wathan.

Sedangkan Tawassul dipimpin langsung oleh Kyai Agus Gustiwang, selaku Ketua Lembaga Dakwah NU NTB, sementara do’a pimpin oleh dua orang pengurus LDNU NTB yakni: TGH Muh. Fathullah, Lc, MH dan Ust. Suaef, S.Ag, M.Pd.I.

Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar meski sebelumnya hujan turun. Kerjasama yang luar biasa dari semua pengurus Majlis Ta’lim Thariqul ‘Izzah dan seluruh jama’ah, harus diacungi jempol. Acara berakhir dengan beramah tamah sambil menyantap hidangan maulid nabi khas lombok, terutama nasi rasul.

Kontributor: Tim Media LDNU NTB
Editor: Yuzep Ahmad

Abdus Saleh Radai
Spread the love

Comment here