Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Majelis Keluarga, Tetapkan KH. Imam Rofi’i Anwar Sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Darurrohman

Jakarta, Dakwah NU
Majelis Keluarga pondok pesantren Darurrohman Murombuh Kwanyar Bangkalan, menetapkan KH. Imam Rofi’i Anwar sebagai pengasuh pondok pesantren Darurrohman, melanjutkan kaka sepupunya almaghfurlah Kiai Anwari Ahsan yang wafat pada 16 Dzulqa’dah 1442 H/26 Juni 2021 yang lalu.

Rapat penetapan pengasuh oleh Majelis Keluarga pondok pesantren Darurrohman diselenggarakan di Langger (red: musholla) sepuh, yaitu Langger peninggalan Buju’ Ahmad bin Syaikh Alimuddin (Buju’ Murombuh) pada Hari Ahad malam Senin, 22 Dzulhijjah 1442 H/1 Agustus 2021.

Syaikh Alimuddin (Buju’ Murombuh) dalam risalah Murombuh nasabnya tersambung dengan Syaikh Zainal Abidin (Sunan Cendana Kwanyar), seorang da’i yang banyak melahirkan ulama dan tokoh besar, baik sekitar Madura atau luar Madura.

Dalam catatan sejarah Keluarga Besar pondok pesantren Darurrohman, sebagaimana yang diceritakan oleh Bindereh Husnurrohim Ali, proses pendidikan dan pesantren di Langger sudah ada sejak zaman Buju’ Ahmad bin Syaikh Alimuddin yang kemudian dilanjutkan oleh generasi setelahnya. Urutan pengasuh pondok pesantren Darurrohman jika dihitung dari masa Buju’ Ahmad bin Syaikh Alimuddin, maka KH. Imam Rofi’i Anwar merupakan pengasuh pondok pesantren Darurrohman yang ke-8 dengan urutan sebagai berikut;

1. Buju’ Ahmad bin Syaikh Alimuddin (Buju’Murombuh)
2. Buju’ Saram bin Buju’ Ebun
3. Buju’ Dhambok bin Buju’ Ahmad
4. KH. Abdurrahman bin Abdulloh
5. KH. Anwar bin Abdurrohman
6. KH. Ali Ya’qub bin Abdurrahman
7. Kiai Anwari Ahsan
8. KH. Imam Rofi’i Anwar

Dalam rapat Majelis Keluarga pondok pesantren Darurrohman dihadiri keluarga inti almaghfurlah KH. Abdurrahman dan beberapa keluarga yang lain. Ada sebagian anggota Majelis Keluarga yang berhalangan hadir dalam acara penting tersebut, yaitu Kiai Ali Rahbini Ahsan dan Bindereh Abd. Aziz Anwar karena faktor kesehatan.

KH. Imam Rofi’i Anwar ditetapkan sebagai pengasuh pondok pesantren Darurohman melanjutkan almaghfurlah Kiai Anwari Ahsan berdasarkan suara mufakat Majelis Keluarga pondok pesantren Darurrohman.

Rapat Majelis Keluarga selain menetapkan KH. Imam Rofi’i Anwar sebagai pengasuh pondok pesantren Darurrohman, dalam forum tersebut juga menyetujui menunjuk Bindereh Dr. (C) Nur Fauzi Ahsan, adik bungsu dari almghfurlah Kiai Anwari Ahsan sebagai Ketua Yayasan Darul Rohman.

Pesantren Darurrohman Mencetak Generasi Unggul
Model pendidikan di pondok pesantren Darurrohman Murombuh ada kegiatan madrosiyah dan ma’hadiyah. Pendidikan madrosiyah dari jenjang Ibtidaiyah sampai Tsanawiyah. Untuk kegiatan ma’hadiyah santri ditekankan bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil dan penguasaan membaca kitab kuning.

Khusus spesifikasi penguasaan membaca kitab kuning, pondok pesantren Darurrohman menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum dari pondok pesantren Sidogiri. Banyak anak-anak santri yang masih muda sudah punya kemampuan membaca kitab kuning dengan baik. Murid dan santri pondok pesantren Darurrohman yang lulus dari tingkat Tsanawiyah ditugaskan mengajar di madrasah sekitar Bangkalan dan Surabaya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Murombuh dan sekitarnya, Yayasan Darul Rohman juga menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal, mulai dari pendidikan tingkat TK, MI, SMP dan SMK.

Terselenggaranya pendidikan formal, sebagaimana menjadi harapan besar dari pengasuh dan Majelis Keluarga pondok pesantren Darurrohman, alumni madrasah Al-Arsyadiyah dan pondok pesantren Darurrohman Murombuh, selain memiliki akhlak yang baik, bisa beribadah dengan benar, punya keahlian membaca kitab kuning, juga bisa menyempurnakan pengetahuannya melalui pendidikan formal.

Kontributor: Abdul Muiz Ali
Editor: Yuzep Ahmad

Spread the love

Comment here