Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Agenda

LDNU Kota Bontang Selenggarakan Pembinaan untuk Para Muballigh

Kalimantan, Dakwah NU
Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Bontang, Kalimantan Timur akan menyelenggarakan Pertemuan dan Pembinaan Muballigh LDNU Kota Bontang bertajuk “Semangat Dakwah Aswaja an-Nahdliyah”, pada Jum’at,19 Februari 2021 besok.

Acara ini akan dihadiri oleh Sekretaris LD PBNU, Dr. K.H. Bukhori Muslim, LC, MA. Para mubaligh atau peserta dapat bergabung melalui link zoom http://yg.gg/oaqw4 atau meeting ID 409 664 8492 Passcode 54HztW, tepat pukul 20.00 WITA (ba’da Isya’).

Menurut keterangan Pengurus LDNU Kota Bontang, Randa Praduta, contoh pembinaan yang dibahas dalam forum pertemuan tersebut adalah pertama, melakukan evaluasi terkait kendala dakwah di lapangan. Kedua, memberikan semangat agar para muballigh bisa lebih semangat menuntut ilmu dan berdakwah di medannya masing-masing, sebab di wilayah Kalimantan ini, khususnya Kota Bontang para muballigh di LDNU itu terpencar.

“Karena di wilayah Kalimantan ini kan khususnya kota bontang ini muballigh-muballigh di LDNU itu terpencar di berbagai penjuru kota Bontang, jadi masing-masing mempunyai Medan dakwah yang berbeda,” tuturnya.

Diharapkan dengan adanya pertemuan tersebut, para muballigh dapat saling berbagi tentang kemajuan dan perkembangan dakwahnya, “Jadi bisa didiskusikan di-sharing kan di situ.” tambahnya.

Dari keterangan resmi yang didapat tim Dakwah NU, Randa menyebutkan jika kegiatan ini rutin dilaksanakan dari sebelum pandemi, setiap sebulan sekali di hari Sabtu dan Minggu. Biasanya, selain untuk evaluasi, dalam kegiatan juga diadakan ngaji kitab secara langsung, “Itu muter kadang di rumahnya muballigh A terus bulan berikutnya muballigh B,” ujarnya.

Sedangkan di masa pandemi ini, LDNU kota Bontang sudah dua kali mengadakan acara serupa. Untuk menarik antusiasme para muballigh, pengurus LDNU Kota Bontang memiliki trik tersendiri yaitu dengan selalu menghadirkan narasumber yang berbeda.

“Agar semangat itu, narasumbernya kita cari yang berbeda. Bukan lokal saja, misalnya skala kota Bontang atau Kalimantan Timur saja, tapi emang kiai-kiai yang berpengaruh. Contoh kemarin ngisi K.H. Ma’ruf Khozin sekalian bedah buku nah itu termasuk acara kita untuk menambah semangat para mubaligh,” pungkas Randa. (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here