Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

AgendaDaerah

LD PCNU Kediri Gelar Festival Dai Milenial Virtual

Kediri, Dakwah NU
Lembaga Dakwah PCNU Kabupaten Kediri menyelenggarakan “Festival Da’i Millenial Virtual”. Festival tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu da’i cilik dan da’i remaja selanjutnya disebut dengan musabaqoh da’i cilik-Millennial atau yang disingkat dengan musdacil / musdamil.

Festival ini diinisiasi demi kelanggengan sebuah tujuan dakwah Ahlussunah wal Jama’ah yaitu Islam Rahmatan Lil ‘Alaamiiin, serta peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1442 H dan peringatan Hari Santri Nasional 2020 M, .

Festival dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad Saw dan Hari Santri Nasional ini disiapkan hadiah dengan total 6 juta rupiah dengan tropy, sertifikat serta buku-buku materi dakwah LD-PCNU Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan maupun diabaikan, lomba ini sekaligus mendorong atau sebagai penyemangat bagi peserta untuk lebih giat dalam belajar menjadi seorang pendakwah yaitu dengan mendalami materi dakwah Ahlussunah wal Jama’ah. Kegiatan ini juga salah satu bentuk pengkaderan selain melalui Pendidikan Kader Muballigh Nahdlatul Ulama yang selanjutnya di singkat dengan PKMNU.

Persyaratan dan Ketentuan
Festival ini bukan hanya diikuti oleh warga Kediri, tetapi juga untuk warga Nahdliyyin dari Kabupaten lain di Jawa Timur, bahkan dari provinsi dan luar pulau seperti Aceh, Tarakan, Riau, Lampung dan dari berbagai daerah di Indonesia ini.

Dalam Musdacil usia peserta adalah di bawah 14 tahun. Sedangkan dalam Musdamil usia peserta antara 14 sampai 25 tahun. Semua tahapan dalam perlombaan dilakukan secara ONLINE (dalam jaringan), mulai dari sosialisasi sampai dengan pengumuman pemenang.

Materi pidato telah disediakan oleh LD-PCNU Kabupaten Kediri dan para peserta tidak boleh menyampaikan materi yang menyimpang selain dari materi tersebut. Dengan begitu, peserta akan lebih terarah pada tujuan penyampaian dakwah Ahlussunah wal Jama’ah. Adapun dalam penyeleksiannya, jika video virtual yang diberikan oleh peserta dengan isi yang menyimpang secara otomatis akan tereliminasi.

Teknis Lomba
Peserta membuat video pidato dengan durasi minimal 5 menit maksimal 8 menit dalam penyampaian materi dakwah kemudian ditambah dengan perkenalan ajakan Subscribe Like & Share serta tonton sampai habis video tersebut, materi pidato yang disampaikan dapat di ambil dari web maupun facebook LD-PCNU Kabupaten Kediri yang telah diupload dan dibagikan linknya dalam pengumuman pendaftaran.

Teknik pembuatan video bisa disimak di YouTube LD-PCNU KAB KEDIRI Official, video yang telah siap kemudian diupload di Google Drive masing-masing peserta. Selanjutnya link drive tersebut dikirim kepada panitia yang digunakan untuk mennyeleksi tahap pertama terkait isi materi yang disampaikan tersebut layak atau tidak.

Setelah dinyatakan layak atau lolos seleksi pertama maka panitia meng-upload di channel YouTube LD-PCNU KAB KEDIRI official, sekaligus sebagai pengumuman lolos maju ke seleksi berikutnya yaitu penilaian tentang ;

  1. Materi dan Kefashihan 30 %
  2. Penampilan 20 %
  3. Kualitas Video dan Suara 20%
  4. Viewers dan Durasi Tonton 30 %

Adapun saat ini peserta yang lolos dan sedang dalam penilaian ada di playlist YouTube LD-PCNU Kabupaten Kediri Official dibawah ini :
Playlist Peserta MusDacil
https://www.youtube.com/playlist?list=PL3-71PEnUJoXl8yMgjKSMvwyscaXlmFa7

Playlist Peserta MusDamil
https://www.youtube.com/playlist?list=PL3-71PEnUJoXifEivBp0G6YArwXpAUybS

Video-video tersebut diatas akan dinilai sampai dengan tanggal 5 November dan akan diumumkan pemenang nya pada tanggal 10 November 2020.

Penyerahan hadiah lomba festival Da’i Millenial virtual ini disampaikan pada saat bersamaan dengan agenda wisuda PKMNU (Pendidikan Kader Muballigh Nahdlatul Ulama) Kabupaten Kediri angkatan kedua pada tanggal yang akan diumumkan dikemudian hari. (fqh)

kontributor:
Abdul Malik

Spread the love

Comment here

Dakwah Nusantara

Dakwah Ramah, Dakwahnya Ahlusunnah wal Jama'ah an-Nahdliyyah