Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Kunjungi PBNU, Dubes Mesir: Saya Suka Konsep Pancasila

Jakarta, Dakwah NU
Ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf atau biasa dipanggil Gus Yahya, menyebut bahwa Mesir adalah sekutu alami bagi Nahdlatul Ulama.

Menurutnya, saat ini dunia tengah dilanda masalah peradaban, dan Islam dituntut untuk dapat menyediakan jawaban atas permasalah tersebut.

“Dunia ini sudah mengalami masalah peradaban yang besar, dan Islam dituntut bisa menyediakan jawaban atas masalah peradaban itu. Dan di seluruh dunia ini, terutama di dunia Islam, Mesir adalah sekutu alami yg terdekat bagi Indonesia. Mesir adalah sekutu alamai terdekat bagi Nahdlatul Ulama,” tutur Gus Yahya ketika ditemui oleh tim TVNU dalam sebuah kesempatan, Selasa (11/1/22).

Gus Yahya mengatakan, sudah menjadi kewajaran apabila
Mesir dan Nahdlatul Ulama terus mempererat hubungan dan kerjasama satu sama lain.

Sementara, Ashraf Sulthan, Duta Besar Mesir Untuk Indonesia, mengungkapkan yang menjadi fokus dari hubungan bilateral Mesir dan Indonesia adalah melakukan inovasi dalam beragama, kedamaian, toleransi, dan melawan terorisme.

Dalam kesempatan tersebut, Ia mengakui Indonesia sebagai negara yang agama Islamnya benar-benar kuat dan menyukai konsep Pancasila.

“Saya tahu di sini Islam sangat kuat benar-benar agama yang sangat kuat. Yang saya suka dari negara ini adalah konsep Pancasila,” ujarnya.

Baginya, Pancasila adalah sebuah konsep yang sudah benar-benar menerjemahkan ide dan nilai Islam yang memilki tujuan bagaimana bersikap toleransi untuk dapat hidup beriringan dengan orang lain yang memiliki kebaikan bagi kehidupan.

“Ini adalah hal yang penting. Kebaikan kehidupan akan muncul dari nilai Pancasila dan Islam untuk maju dengan nilai yang diikuti,” pungkasnya.

Kontributor: Meilina

Spread the love

Comment here