Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

NasionalPendidikan Islam

Kungker Komisi X DPR RI Selenggarakan Workshop Pendidikan Era Baru, Pelaksanaan Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19

Bekasi, DakwahNU
Direktorat Jenederal Guru dan Tenaga Kependiidkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggrarakan, Workshop Pendidikan Era Baru, Pelaksanaan Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19, kegiatan workshop tersebut berkat kerjasama antara Ketua Komisi X DPR RI, Saiful Huda dengan Direktorat Jenederal Guru dan Tenaga Kependiidkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program kunjungan kerja Ketua Komisi X DPR Ri ini, diselenggarakan pada hari ini, Selasa, (11/08), di Ballroom Primebiz Hotel Cikarang, Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Saiful Huda dalam sambutannya menyampaikan, rasa hormat dan bangganya terhadap dinas pendidikan Kabupaten Bekasi, kepala sekolah, para guru, PGRI, komite sekolah, dan tenaga kemendidikan di Kabupaten Bekasi. Kita harus dapat menjalankan peta jalan pendidikan Indonesia, atau merdeka belajar yang menjadi progra Mas Menteri saat ini.

“Saya atas nama komisi X DPR RI mengucapkan minta maaf atas ketidaknyamanan pelayanan pendidikan selama ini, Banyak perubahan dalam pelaksanaan pendidikan, terutama,Peta jalan pendidikan Indonesia, atau merdeka belajar yang menjadi program Mas Menteri saat ini.” tegasnya.

Peta Jalanan Pendidikan adalah,

Pertama, USBN ditiadakan dan menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah untuk melaksanaan ujian sesuai dengan karakter sekolah tersebut

Kedua, Menghapus UN, atau mengganti UN, yang betul adalah mengganti UN dengan kompetensi minimun dan karakter, dengan memaksimalkan leterasi siswa. Selain itu adalah kemampuan menghitung siswa, dan survey karakter. semua ini akan diujikan sejak kelas V SD atau satu tahun sebelum lulus, semanatara untuk SMP kelas VIII atau satu tahun sebelum lulus.

Ketiga, menyederhanaan RPP, untuk meringankan beban guru dengan urusan administratif, sehingga guru lebih fokus pada pembelajaran atau KBM. oleh karena itu otonomi guru menjadi suatu keniscayaan.

“Merdeka belajar ini merupakan maksimalisasi zonasi, meskimpun bukan plian ideal, tapi zonasi pilihan yang paling mungkin.” tegasnya.

Dengan kondisi sistem zonasi ini apakah lebih baik atau menghilangkan kompetensi prestasi belajar atau karena tidak ada lagi seolah unggulan, itu butuh kajian lebih mendalam. Tapi zonasi ini sudah hasil kajian semua pihak. Saiful Huda, Ketua Komisi X dari PKB itu menambahkan.

Kegiatan Workshop Pendidikan Era Baru Pelaksanaan Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19, diikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, PGRI, Komite Sekolah, dan unsur diknas Kabupaten Bekasi. (ASR)

Spread the love

Comment here

Dakwah Nusantara

Dakwah Ramah, Dakwahnya Ahlusunnah wal Jama'ah an-Nahdliyyah