Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Konsolidasi PCNU Lahat ke PBNU Perkuat Jajaran Kepengurusan

Jakarta, DAKWAH NU
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menerima kedatangan rombongan tamu dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lahat, Sumatera Selatan pada Sabtu kemarin (9/1/20). Rombongan tersebut dipimpin oleh Rois Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Lahat.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, K.H. Abdul Manan Ghani menyampaikan maksud kedatangan tersebut dalam rangka mencari bekal dalam mengelola PCNU di Kabupaten Lahat sekaligus silaturrahim tahunan, ziarah ke makam salafus salihin dan para auliya di  Banten, Jakarta, dan wilayah sekitarnya.

 “Saya berharap pulang dari sini, PCNU Kabupaten Lahat tetap lebih bergerak karena dengan penuh keyakinan. Karena dengan bawa alharokatu barokah, dengan bergerak akan mendapatkan keberkahan,” tuturnya.

Kunjungan silaturrahim dilangsungkan di Gedung PBNU lantai 5 Jakarta Pusat. Pada pertemuan tersebut, Kiai Ghani menyampaikan mengenai fungsi-fungsi pengurus dalam menyapa warga Nahdliyyin yang ada di pesantren-pesantren, kiai-kiai yang ada di masjid dan mushola, serta yang di tengah-tengah masyarakat. Pendekatan kepada masyarakat haruslah dengan cara yang santun dan program yang sesuai, seperti perkataan beliau “Menyapa mereka dengan program-program muwaffaqoh, yang sesuai kearifan lokal di Kabupaten Lahat agar warga desa di sana percaya, kuat akidahnya, kuat ekonominya, dan tetap berpegang teguh pada akhlakul karimah sebagai warga NU”.

Melalui unggahan video di akun Youtube NU Channel, Rois Syuriyah PCNU Lahat, K.H. Husnuddin Karim al-Hafidz menceritakan bahwa jajaran pengurus selalu berusaha sekurang-kurangnya dua atau tiga tahun sekali berkunjung ke PBNU. Tujuan utama tentunya memperkuat silaturrahim, mengetahui kondisi di PBNU, dan mendoakan Kiai Said Aqil Siroj.

“Mudah-mudahan beliau selalu dijaga, disehatkan oleh Allah, dipanjangkan umurnya, dan tentu selalu dalam kondisi yang fit, yang akan bisa membimbing kami yang di daerah-daerah ini.” harapnya.

Beliau mengatakan bahwa kedatangan ke PBNU kali ini sebagai ajang untuk berdiskusi, meminta saran dan nasihat, berkoordinasi, dan silaturrahim sesama organisasi.

Menghadapi kondisi alam Indonesia dengan suhu politik yang dinamis, beliau berharap agar dalam kunjungan ini mendapatkan berbagai masukan dan informasi. Sehingga kinerja PCNU di daerah tidak kehilangan arah, melainkan sejalan dengan kebijakan PBNU dan mampu meneruskannya, terutama menyikapi kondisi sosial politik belakangan ini.

Sementara itu, Ketua PCNU Lahat, H. Napikurrahman juga menunjukkan rasa syukurnya dapat berkunjung ke PBNU.

“Kami sangat senang dan gembira bahwa kami, daerah khususnya pengurus cabang telah tiba hadir di PBNU. Ini satu cita-cita dan keinginan yang sangat besar bagi seluruh pengurus di daerah ingin menginjakkan kaki di PBNU,” ungkapnya.

Selaku Ketua Tanfidziyah, Ia akan tetap mengagendakan program konsolidasi dengan PBNU. Program ini sudah ada sejak dulu hingga sekarang, dan hingga ke depannya nanti. Menurutnya, PBNU adalah kiblat untuk mengambil langkah dan kebijakan tertentu yang akan diterapkan di daerah.

“Karena ini adalah merupakan kiblat dari kita di daerah,” ujarnya mengakhiri. (fqh)

Kontributor: Alvina Maghfiroh
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here