Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Kiai Taufik Damas: Semangat Ayat Poligami itu Membatasi Bukan Motivasi

Jakarta, Dakwah NU
Wakil Katib Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta KH Taufik Damas menanggapi perihal maraknya gerakan yang mendorong umat untuk poligami. Menurutnya, gerakan tersebut keliru, karena dalam ajaran agama, Islam sangat memuliakan perempuan.

Ia pun menilai para pendakwah atau ulama yang mendorong umat untuk poligami merupakan sebuah kekeliruan.

Baca Juga: Tolak Kader PKS Jadi Pengurus NU, Kiai Taufik Damas: Beda Ideologi

“Itu keliru, itu salah, berarti dia tidak paham dasar hukum Islam. Apalagi mohon maaf, kita ini kan sebenarnya juga mendorong kesetaraan, Islam mendorong kesetaraan laki-laki dan perempuan,” ujar Taufik Damas, dikutip terkini.id dari Hops, Kamis (17/6).

“Jadi kalau ada gerakan mendorong gerakan poligami, apalagi dilakukan ulama atau diseminarkan, bagi saya itu menunjukkan semangat anti kesetaraan antara laki-laki dan perempuan,” imbuhnya.

Ia pun menjelaskan secara detail bagaimana sebenarnya poligami dalam pandangan Islam. Menurutnya, semangat Islam itu monogami, bukan poligami. Poligami itu boleh tapi dalam kondisi darurat (mandul), bukan dalam kondisi normal.

Pada kesempatan yang sama, Kiai Taufik Damas juga mengatakan bahwa pada zaman Nabi Muhammad sempat membatasi salah seorang sahabatnya yang mempunyai belasan istri.

“Sebetulnya kalau disebut ayat poligami itu kurang tepat. Namun yang pasti Surat Annisa ayat 3 memang membatasi praktik poligami pada masa itu, yang banyak beristri 10, 12, 16 dan seterusnya,” tutur Taufik Damas.

“Semangatnya membatasi. Tapi justru oleh orang menganggap ayat itu sebagai motivasi untuk poligami,” pungkasnya. (red)

Spread the love

Comment here