Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Kiai Said: Jahe Merah Termasuk Salah Satu Minuman Surga

Jakarta, Dakwah NU
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Said Aqil Siroj menerima kunjungan dari tim Mustika Ratu tbk, Yayasan Mustika Ratu Indonesia dan juga Putri Lingkungan Indonesia 2020 di Gedung PBNU Lt. 3 Jakarta Barat, Kamis (8/9/21).

Dalam kunjungan tersebut, Kiai Said menyampaikan dukungannya terhadap kreativitas Mustika Ratu yang telah berhasil meluncurkan produk minuman kesehatan tradisional atau biasa disebut jamu.

“Alhamdulilah saya mendukung penuh kreativitas dari Mustika Ratu, tidak hanya kosmetik ya, tapi merambah ke kesehatan (jamu),” ujarnya.

Lebih lanjut, Kiai Said menerangkan bahwa jamu termasuk warisan budaya yang harus di pertahankan. Mempertahankan jamu juga termasuk salah satu perintah Al Qur’an, sebagai salah satu perantara untuk al muhafadzah al nafs, memelihara kesehatan jiwa.

Dalam Al Qur’an dikatakan ya alladzina amanu ku anfusakum, jagalah dirimu sekalian. Artinya, umat Islam harus sehat, (agama) yang lain pun harus sehat atas perintah agamanya masing-masing.

“Bukan hanya omong kosong, agamapun memerintahkan bahwa kita itu memelihara kesehatan, memelihara nyawa, keselamatan,” jelas Kiai Said.

“Jadi sekali lagi, jamu ini sangat bermanfaat, tadi sudah dicoba oleh pak Kiai Marshudi dan Pak Sekjen, dan saya sendiri sudah minum yang jahe merah,” Kiai Said menambahkan.

Kemudian, terkait jahe merah, beliau menjelaskan bahwa itu juga dijelaskan dalam Al Qur’an dengan istilah zanjabil.

“Nanti orang di surga salah satu minum zanjabil, zanjabil itu maknanya jahe, ada di Al Qur’an itu. Kalau kunyit nggak ada. Artinya bahwa salah satu minuman surga adalah susu campur jahe,” ujarnya.

Sementara Putri Lingkungan Indonesia 2020 yang juga merupakan Miss Universe 2020, Ayu Saraswati, merasa bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk silaturahim dengan para kiai di PBNU dan belajar mengenai kiat-kiat sehat untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa.

Dalam kesempatan itu, Ayu mengaku juga memohon doa dari keluarga besar PBNU dan para kiai khususnya, untuk keberangkatannya di ajang perlombaan internasional. 

“Saya sebagai Putri Lingkungan Indonesia, Miss Internasional Indonesia memohon doa dengan keluarga besar PBNU dan para kiai khususnya, untuk keberangkatan kami untuk perlombaan di ajang internasional,” terangnya.

Di akhir, Ia berpesan agar masyarakat bisa menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang ternyata juga disebutkan dalam Al Qur’an. Ia meyakini, bahwa bahan-bahan herbal memiliki banyak manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, utamanya saat bulan suci Ramadan nanti. (fqh)

Spread the love

Comment here