Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Internasional

Kiai Said Harap Islam Nusantara Jadi Kiblat Peradaban Dunia

Jakarta, Dakwah NU
Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU akan menggelar Forum Afkar 2021 yang diisi oleh para presenter dan pembahas dari kalangan intelektual untuk mendiskusikan persoalan Islam di kancah internasional.

Dalam forum tersebut, terdapat 20 naskah yang dikirim para presenter. Mereka berasal dari kampus atau lembaga negeri dan swasta di Indonesia, serta kampus agama dan kampus umum. Naskah-naskah itu berkaitan dengan tema Islam Asia Tenggara, Populisme, dan Tantangan Global.

“Ini kesempatan luar biasa bagaimana kita bisa mengkaji 20 naskah dengan berbagai tema agar bisa bermanfaat lagi. Di samping manfaat untuk internal atau domestik NU dan nasional, juga bagaimana kita bisa memberikan atau menyumbangkan pemikiran-pemikiran untuk dunia internasional. Itu artinya NU punya misi internasional,” ujar Kiai Said dalam pembukaan Forum Afkar 2021 Lakpesdam PBNU secara virtual, Rabu, (7/4/21).

Menurutnya, misi internasional itu diemban karena NU memiliki prinsip tri ukhuwah yang salah satunya adalah ukhuwah insaniyah. NU tidak hanya berperan soal ukhuwah Islamiyah dan wathaniyah saja tetapi juga bicara mengenai persaudaraan kemanusiaan.

“Itu artinya NU punya misi internasional. Barakah, manfaat, dan maslahat untuk peradaban dunia,” tegas Kiai Said

Harapannya, NU dengan Islam Nusantara mampu menjadi kiblat peradaban umat Islam di dunia. Berkat NU, keberagamaan di Indonesia masih dapat dijaga persatuan dan kesatuannya. Sementara dunia Islam di luar negeri banyak yang mengalami kehancuran.

“Kita harapkan dengan Islam Nusantara ini menjadi qiblatul muslimin tsaqfatan wa hadaratan. Kiblatnya umat Islam dunia, bukan kiblat shalat, tapi kiblat peradaban. Ketika sekarang ini, lihat keadaan di dunia luar, umat Islam berada di titik nadir, bangkrut, dan carut-marut tidak karuan, alhamdulillah kita di Indonesia masih bangga dengan persatuan dan kesatuan kita, dengan stabilitas kita, berkat ada NU,” jelas Kiai Said.

“Insyaallah dengan ide gagasan Islam Nusantara Indonesia menjadi qiblatul muslimin tsaqafatan wa hadaratan. Mudah-mudahan Afkar Forum 2021 ini bisa mendorong gerakan intelektual kita warga NU dan generasi NU terutama,” tandasnya. (fqh)

Spread the love

Comment here