Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Artikel

Kiai Kholid : Manfaat Mandi Air Laut

Jakarta, Dakwah NU
Pengurus Lembaga Dakwah PBNU, KH. Kholid Ar-Rifai memaparkan khasiat/manfaat mandi di laut. Menurutnya, secara umum manfaat mandi/berendam di air laut adalah; Melancarkan sirkulasi darah, Memperkuat otot jantung, Melenturkan atau merelaksasi otot sehingga tubuh terasa segar, Melancarkan sistem pernapasan, Meningkatkan produksi sel darah merah.

Tidak hanya itu menurutnya ada manfaat lain yang didapatkan di antaranya; Menormalkan tekanan darah, Menyeimbangkan keasam-basaan dalam darah, Mencegah keropos tulang dan osteoporosis, Meringankan sakit pinggang, wasir dan rematik, Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan, Menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh sehingga lebih bercahaya, Meningkatkan gairah seks yang menurun / melemah, Mencegah penyakit kencing manis, Mengatasi flek paru pada anak.

Secara khusus ia memaparkan khasiat Air bagi kesehatan seperti berikut:

1. Kesehatan kulit
Itu alasan tempat-tempat spa di seluruh dunia menggunakan garam laut dalam layanan perawatan mereka. Garam pada air laut membantu melepaskan racun dari kulit dan berfungsi sebagai pengelupas alami (mikrodermabrasi) yang melepaskan sel-sel kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

Air laut juga mengandung banyak mineral terutama magnesium yang membantu meningkatkan kelembaban pada permukaan kulit sehingga kulit tampak segar bercahaya.

Salah satu keuntungan terbesar yang terdapat dalam air laut dengan kandungannya adalah kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit atau iritasi pada kulit mulai dari peradangan, psoriasis termasuk luka ringan karena kandungan garam dan potasium klorida di dalamnya.

Air laut membersihkan kulit.
Garam mineral bekerja sama dengan matahari untuk meregenerasi kulit sehingga bisul, lupus, jerawat, dan psoriasis adalah beberapa penyakit yang dapat dengan mudah disembuhkan dengan air laut.

2. Sistem kekebalan tubuh
Jumlah sel darah merah meningkat antara 5-20% setelah berenang atau mandi di laut. Jumlah sel darah putih meningkat lebih banyak lagi. Air laut adalah obat bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, anemia, dan kadar gula darah yang tinggi (diabetes).

3. Sistem otot dan tulang
Air laut memperlambat perkembangan rematik. Air laut yang dikombinasikan dengan olahraga adalah obat yang bagus untuk nyeri tulang dan otot, arthritis, peredaran darah, dan masalah pasca bedah. Kandungan kaslium sulfatnya juga membantu mencegah atau menurunkan keluhan osteoporosis dan penderitanya.

4. Sistem saraf dan hormon (mood)
Air laut mengurangi dan menghilangkan kecemasan, kandungan magnesium air laut membantu akan menenangkan karena efeknya dalam optimasi kerja senyawa kimia pengatur hantaran sinyal saraf juga mood. Orang-orang yang menjalani kehidupan yang penuh tekanan disarankan untuk pergi ke pantai, tidak hanya untuk suasana santai tetapi juga karena sifat kandungan air laut yang menenangkan.

Air laut mencegah insomnia dan mengurangi gejala depresi, karena membantu menormalkan tekanan darah dan mengobati kecemasan dengan situasi yang rileks, satu hari di pantai akan membantu tidur lebih baik, dan secara alami akan meningkatkan suasana hati.

5. Sistem pernafasan

Penderita asma, batuk berat, lendir dan masalah pernapasan lainnya dapat rekreasi ke pantai untuk menghirup angin dan berenang di laut. Garam yang terkandung dalam udara pantai atau

Air garam membantu menghilangkan racun dan unsur lain yang menyerang paru-paru.

6. Sistem cerna dan kemih

Asupan air laut dalam jumlah kecil memfasilitasi pembersihan usus besar, mendetoksifikasi tubuh dan memperbarui energi tubuh, terutama pada anak-anak.

Air laut mempercepat proses regenerasi sel dan membantu memulihkan keseimbangan air, elektrolit, dan mineral dalam tubuh sehingga membantu memulihkan gangguan kesehatan yang diakibatkan ketidakseimbangan ini.

Spread the love

Comment here

Dakwah Nusantara

Dakwah Ramah, Dakwahnya Ahlusunnah wal Jama'ah an-Nahdliyyah