Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Kiai Jamal: Jangan Dihitung Satu Zona, Perlu Kategori untuk Pelaksanaan Ibadah di Masa Pandemi

Jakarta, Dakwah NU
Pengurus Lembaga Dakwah PBNU KH Jamaluddin F Hasyim memberikan masukan terkait Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 796 Tahun 2021 pada lampiran poin 7 tentang penyelenggaraan ibadah di masa pandemi yang dilaksanakan di rumah masing masing.

Kiai Jamal menyarankan agar diberikan kategori untuk pelaksanaan ibadah. Seperti di daerah yang tinggi kasusnya, sholat Jumat dan Idul Adha tetap diadakan di rumah, sedangkan di wilayah yang rendah kasusnya bisa tetap melaksanakan shalat berjamaah dengan tetap menerapkan prokes ketat dan pembatasan kapasitas jamaah.

Ketua KODI Provinsi DKI Jakarta ini pun menyarankan agar masjid perkantoran tidak melaksanakan shalat jum’at berjamaah dikarenakan masuk kategori resiko tinggi, mengingat jamaah shalat berasal dari wilayah yang berbeda sehingga kemungkinan transmisi semakin tinggi.

“Begitu pula soal zonasi, DKI Jakarta yang begini luas tidak seharusnya dihitung sebagai satu zona. Sebagaimana PPKM, zona itu sebaiknya berbasis RT atau maksimal RW. Wilayah kelurahan saja masih terhitung luas,” kata Kiai Jamal kepada Dakwah NU, Jum’at (25/6).

Pihaknya juga menyarankan agar masjid di pemukiman yang hanya dihadiri jamaah setempat dan tidak ada catatan kasus Covid-19, sebaiknya tetap melaksanakan ibadah berjamaah. Walaupun rumit dan kompleks tapi setidaknya tidak begitu saja menghilangkan pelaksanaan ibadah.

“Padahal ibadah di masjid itu mungkin sama dengan mall atau pasar atau kantor dari segi kerumunan orang, namun ibadah itu berbeda karena dia aktivitas ruhaniah, sedangkan yang lainnya bersifat duniawi semata,” kata Kiai Betawi ini menambahkan. 

Dengan kesadaran bahwa mengatasi pandemi tidak cukup hanya dengan ikhtiar semata namun juga doa dan mendekatkan diri dengan Sang Khalik, Kiai Jamal menyarankan agar pelaksanaan ibadah berjamaah selayaknya tidak kosong dari masjid-masjid kita.

“Dengan ikhtiar dan doa secara seimbang kita bisa berharap keselamatan dari Allah,” pungkasnya. (fqh)

Spread the love

Comment here