Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Kiai Fuad Noerhasan Sidogiri, Cucu Pendiri NU Menjadi Mustasyar PBNU

Jakarta, Dakwah NU
Kiai Fuad Sidogiri, Cucu Pendiri NU Menjadi Mustasyar PBNU periode kepengurusan (2022-20270. Beliau putra dari KH. Noerhasan bin Nawawi bin Noerhasan. Kiai Nawawi bin Noerhasan termasuk salah satu ulama yang ikut mendirikan jam’iyah Nahdlatul Ulama. KH Fuad Noerhasan adalah pengasuh Pesantren Sidogiri ke-13.

Pesantren Sidogiri adalah pondok pesantren tanpa plang di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Pesantren Sidogiri, kini memiliki pengasuh baru sepeninggal pengasuh sebelumnya, KH Ahmad Nawawi Abdul Djalil, yang wafat pada 13 Juni 2021 lalu. Pemegang Estafet Kepemimpinan Pesantren Sidogiri Pengganti Kiai Nawawi ialah KH. Ahmad Fuad Noerhasan.

“Pertama, Pengasuh Pesantren Sidogiri yang ke-13 adalah KH Fuad Noerhasan. Kedua, bahwa struktur Majelis Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri tanpa rais dan tanpa katib, diganti hanya seorang sekretaris jenderal atau sekjen ditugaskan kepada Ahmad Nawawi Sa’dullah,” demikian video yang beredar soal keputusan penetapan Pengasuh Pesantren Sidogiri yang baru, Kamis malam, 22 Juli 2021.

Alumni Pesantren Sidogiri KH. Abdul Muiz Ali (Kyai AMA) membenarkan ketika dikonfirmasi Dakwah Nu terkait penunjukan Kiai Fuad sebagai pengasuh yang baru itu. Penunjukan pengasuh pondok pesantren Sidogiri berdasarkan hasil musyawarah Majelis Keluarga pondok pesantren Sidogiri, sebagaimana yang dibacakan oleh H. Mas. Achmad Sa’dulloh bin KH Abdul Alim, pada saat peringatan 40 hari wafatnya KH. A. Nawawi bin Abd. Djalil.

Berita Terkait:
Kiai Fuad Noerhasan, Pemegang Estafet Kepemimpinan Pesantren Sidogiri ke-13
Napak Tilas Perjuangan Masyayikh Sidogiri di Masa Penjajahan Belanda

Kiai Fuad adalah bagian dari keluarga besar Pesantren Sidogiri. Kyai AMA menjelaskan, Kiai Fuad adalah putra dari Kiai Noerhasan. Adapun Kiai Noerhasan adalah putra dari Kiai Nawawi. Sedangkan Kiai Nawawi adalah putra dari Kiai Noerhasan, termasuk ulama yang ikut membidani lahirnya Nahdlatul Ulama.

Dalam catatan yang ditandatangani Almaghfurlah KH. A. Nawawi Abd. Djalil pada 2007, urutan Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri sejak dirikan sampai saat ini adalah:

  1. Sayyid Sulaiman (wafat 1766)
  2. KH. Aminullah (wafat akhir 1700-an/awal 1800-an)
  3. KH. Abu Dzarrin (wafat 1800-an)
  4. KH. Mahalli (wafat 1800-an)
  5. KH. Noerhasan bin Noerkhotim (wafat pertengahan 1800-an)
  6. KH. Bahar bin Noerhasan (wafat awal 1920-an)
  7. KH. Nawawie bin Noerhasan (wafat 1929)
  8. KH. Abd. Adzim bin Oerip (wafat 1959)
  9. KH. Abd. Djalil bin Fadlil (wafat 1947)
  10. KH. Cholil Nawawie (wafat 1978)
  11. KH. Abd. Alim Abd. Djalil (wafat 2005)
  12. KH. A. Nawawi Abd. Djalil (2005-2021)
  13. KH. Fuad Noerhasan (2021-)

Jika melihat urutan dan estafet diatas, maka KH. Fuad Noerhasan merupakan pengasuh pondok pesantren Sidogiri yang ke-13. Semoga kita sebagai alumni, wali santri dan simpatisan pondok pesantren Sidogiri kelak akan dikumpulkan bersama Masyayikh Sidogiri. lanjut Kyai AMA.

Pesantren Sidogiri adalah pesantren tua di Jawa Timur. Sidogiri yang mulanya hutan belantara dibabat oleh Sayyid Sulaiman, keturunan Rasulullah dari marga Basyaiban. Di Sidogiri kemudian Sayyid Sulaiman mendirikan pesantren, dibantu murid sekaligus menantunya asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Kiai Aminullah. Ada dua versi terkait tahun berdirinya, yakni tahun 1718 dan 1745. Yang terakhir disepakati majelis keluarga sebagai tahun berdirinya Pesantren Sidogiri.

Banyak ulama besar Tanah Air pernah nyantri di Pesantren Sidogiri. Di antaranya gurunya para ulama Nusantara yang juga penyokong utama berdirinya Nahdlatul Ulama, Syaikhona Kholil Bangkalan, Madura. (ASR)

Kontirbutor: KH. Abdul Muiz Ali
Editor: Yuzep Ahmad

Abdus Saleh Radai
Spread the love

Comment here