Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Amaliah NUNasionalSyiar Islam

KH. Agus Salim HS : LD PBNU Merupakan Penerus Dakwah Rasulullah SAW

Jakarta, Dakwah NU
Ketua Lembaga Dakwah PBNU, KH Agus Salim HS, mengatakan warga NU harus terus melakukan dakwah Islam dan dibarengi dengan akhlak dan metode yang ramah dan santun. Hal ini menyontoh sebagaimana dakwah Islam yang dibawa Rasulullah Saw. Menurutnya, dakwah Islam adalah tugas suci yang diwariskan Rasulullah SAW.

Baca juga : Penting! Etika yang Harus Dipenuhi Pendakwah oleh KH. Agus Salim HS

“Dakwah itu tugas suci yang dilakukan nabi, sahabat nabi, ulama dan sekarang oleh NU. Mudah-mudahan kita selalu diberikan kekuatan oleh Allah SWT,” kata Kiai Agus saat wawancara dengan DakwahNU di Kantor LD-PBNU, Rabu (1/7) siang.

Rasulullah melakukan dakwah di Makkah dan Madinah selama 23 tahun. Upaya itu membuat yang awalnya masyarakat setempat menyembah berhala berubah menjadi penyembah Allah SWT. Selain itu, saat dakwah, Rasulullah selalu mendapatkan kemenangan karena diridhai Allah SWT dan juga diterima masyarakatan karena dengan Akhlak yang santun.

Ia juga bersyukur, LD PBNU berkomitmen melakukan kegiatan istighotsah yang isinya terdapat kegiatan-kegiatan dakwah Islam dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menurut dia, semua kegiatan LD PBNU semata agar masyarakat Indonesia dekat dan kembali dengan tuhan-Nya yakni Allah SWT.

Sebagai Ketua LD PBNU, Abi sapaan akrabnya, menyatakan bahwa pihaknya menyelenggarakan istighotsah atas dasar butuh kepada Allah SWT; baik untuk keselamatan kehidupan di dunia maupun di akhirat, terutama untuk keselamatan bangsa.

“Kita ini butuh Allah, enggak mungkin kita bisa lepas dengan Allah. Kita butuh Allah agar kita semua mendapatkan keselamatan dunia akhirat, agar Allah menyelamatkan bangsa dan negara kita, dari segala marabahaya apapun, tidak ada lain kecuali memohon kepada Allah agar kita diselamatkan,” kata Abi yang juga merupakan Mursyid Thariqah.

Menurutnya, dakwah merupakan tugas utama dari para rasul yang kemudian diteruskan oleh para ulama. Sementara kini, sambungnya, dakwah berada di pundak Nahdlatul Ulama. Adapun dalam struktural NU, maka keberadaan Lembaga Dakwah PBNU merupakan ruhnya.

“Jadi di PBNU, di PWNU, di PCNU, (lembaga dakwah NU) ini ruh. Apa jadinya jasad tanpa ruh, itu sama saja dengan mayit, begitu juga ruh tanpa jasada namanya memedi,” katanya.

Selain itu Pengasuh Yayasan Manbaul Hikmah ini juga mengatakan, seiring berkembangnya zaman, memanfaatkan media sosial sebagai instrumen atau alat yang dipakai dalam berdakwah juga harus mengikutinya. Abi juga menjelaskan dalam rangka mentransformasi dakwah Islam di media sosial, LD PBNU pun mengadakan program 34 ribu dai medsos.

“Jadi kita galakkan di semua provinsi, di setiap PWNU harus ada yang namanya pelatihan Dai milenial, dan kita sudah lakukan itu,” pungkasnya. (Ahn)

Spread the love

Comment here

Dakwah Nusantara

Dakwah Ramah, Dakwahnya Ahlusunnah wal Jama'ah an-Nahdliyyah