Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Hikmah

Keutamaan Malam Lailatul Qodar

Jakarta, Dakwah NU
Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) K.H Misbahul Munir menjelaskan keutamaan malam Lailatul Qodar dalam video ceramah bertajuk ‘Berburu Lailatul Qadr’ yang ditayangkan oleh TV Nahdlatul Ulama, Kamis, 21 April 2021.

Menurutnya, malam Lailatul Qodar adalah waktu hebat yang dicari oleh umat Islam. Malam Lailatul Qodar merupakan salah satu keberkahan waktu yang diberikan Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW.

Dalam Surah al-Qadr ayat 4, dijelaskan saat malam Lailatul Qodar, malaikat turun ke bumi untuk menyampaikan salam dan selamat kepada umat Islam yang sedang beribadah. 

“Para malaikat menyampaikan salam, salaamun hiya hattaa math la’il fajr. Selamat dan salam buat umat Nabi Muhammad Saw. Sehingga saking penuhnya bumi dengan malaikat andakan hijab kita dibuka, malaikat itu sesah memenuhi bumi karena ingin menyampakan selamat kepada umat yang sedang beribadah dan ibadahnya dihitung lebih utamanya dari 1000 bulan,” tuturnya.

Oleh sebab mulianya Malam Lailatul Qodar, Kiai Misbah kemudian mengajak semua jamaah untuk bersama-sama ‘mencari’-nya dengan memperbanyak ibadah di bulan Ramadan seperti shalat tarawih, perbanyak sedekah, iktikaf, perbanyak baca Al-Qur’an, dan amalan-amalan lain.

Lebih lanjut, Kiai Misbah menyampaikan bahwa tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam Lailatul Qodar. Di dalam kitab Nashoihul Ibad diterangkan, Allah merahasiakan malam Lailatul Qodar. Hanya saja, Nabi menjelaskan bahwasannya carilah malam itu pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

“Apabila kita rajin ibadah dari hari pertama puasa sampai lebaran, insya alloh di salah satu malam itu kita berjumpa dengan malam Lailatul Qodar,” ujarnya.

Beliau menuturkan bahwasannya jika seseorang sudah beribadah dengan baik, insya alloh hidup mereka akan dipenuhi dengan keberkahan, baik di dunia ataupun akhirat.

Kontributor: Siti Nur Aliza
Editor: Fadhilla Berliannisa

Spread the love

Comment here