Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Keutamaan Bersyukur dan Merasa Cukup

Jakarta, Dakwah NU
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Zakky Mubarak menyebutkan konsep kehidupan yang paling baik adalah merasa cukup dan bersyukur.

Dalam salah satu hadis, Nabi bersabda:
 

مَنْ يَسْتَعِفَّ يُعِفَّهُ اللَّهُ

Barang siapa merasa cukup, Allah akan mencukupi dia (HR. Bukhori Muslim).

Artinya, jika seseorang merasa cukup, tidak ingin meminta orang lain, dan tidak bersifat tamak maka Allah akan mencukupi dia. Dan seseorang yang merasa kaya, Allah berikan kekayaan padanya baik kekayaan lahir dan batin.

“Di sinilah kita lihat bahwa orang itu merasa cukup akan dicukupkan oleh Allah dan merasa kaya akan diberi kekayaan oleh Allah,” tuturnya, Selasa (31/8/21).

Dari kenyataan inilah, lanjut Kiai Zakky, maka setiap orang muslim harus sadar dan merasa cukup dengan yang ada. Bersyukur dengan apa yang dikaruniai Allah. Tidak boleh merasa kurang, sebab jika kurang maka tidak akan ada habisnya.

“Jadi itulah konsep yang paling baik, merasa cukup dan bersyukur kepada Allah. Dan dalam hal kehidupan dunia kita harus melihat orang yang lebih rendah dari kita. Tapi kalau kehidupan akhirat kita harus melihat orang yang lebih tinggi dari kita sehingga kita bisa mengejar mereka,” pungkasnya. (fbr)

Spread the love

Comment here