Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Jokowi Petik Petuah Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari: Agama dan Nasionalisme Tidak Bertentangan

Jakarta, Dakwah NU
Presiden Jokowi membuka secara resmi Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Musyawarah Nasional (Munas) alim ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Istana Kepresidenan Jakarta. Sejumlah isu strategis akan dibahas dalam Mukernas dan Munas Alim ulama PKB itu, di antaranya: pendidikan, recovery ekonomi pascapandemi, UU Pesantren, dan sebagainya.

Hadir juga di Istana Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Gus AMI), Ketua Dewan Syuro PKB KH Dimyati Rois dan ulama-ulama Nahdlatul Ulama. Dalam pidatonya Presiden meyakini PKB akan konsisten mengikuti arahan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari.

“Sejak awal sangat jelas bahwa NU dan PKB konsisten mengikuti dawuh (arahan) hadratus Syekh Kai Haji Hasyim Asy’ari dan para masayikh (pendiri) bahwa agama dan nasionalisme tidaklah bertentangan, namun justru saling menopang satu sama lain,” kata Jokowi, Kamis (8/4).

Jokowi juga percaya, PKB ke depan dan seterusnya akan terus mewarisi semangat Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari itu. “Terus memperkuat pondasi keagamaan dan kebangsaan untuk mewujudkan baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” tutur mantan Wali Kota Solo itu.

Ia berharap para kader PKB yang ada di lembaga legislatif, maupun di eksekutif, di tingkat pusat maupun di daerah, terus mendorong inovasi memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan tata kelola politik dan pemerintahan yang baik dan akuntabel.

“Dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat. Hal ini menjadi bagian dari ikhtiar kita bersama untuk memberikan kemanfaatan seluas-luasnya untuk umat, untuk rakyat serta untuk bangsa dan negara Indonesia dan juga untuk kemanusiaan,” tegas Jokowi.

Kontributor: Rafyq Panjaitan
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here