Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Jaga Persatuan, Panglima Kodam XVII/Cendrawasih Kunjungi PWNU Papua Bangun Gus Dur Center

Jayapura, Dakwah NU
Dakwah Islam NUsantara yang hingga kini digaungkan Nahdlatul Ulama (NU) terus terselenggara dan selalu bersinergi dengan seluruh komponen anak bangsa lainnya. Tak terkecuali Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Papua. Diawal tahun 2021 PWNU Papua menerima kunjungan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A dan personil di antaranya Aster, Asintel, Kabintal, Kapendam, Dandim 1701 di Kantor PWNU Papua Jl. Percetakan No. 126 Kota Jayapura, Kamis (21/02/2021).

Kedatangan beliau disambut langsung oleh Ketua PWNU Papua Dr. KH. Toni Wanggai, M.A didampingi oleh Gus Adib Fuad, SH (Pengasuh Pesantren Majelis Kimyatussa’adah Depok dan Papua). Kiai Toni Wanggai mengawali pertemuan tersebut dengan ucapan selamat datang dan apresiasi serta menguraikan tentang peran Nahdlatul Ulama sejak masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan hingga saat ini dalam mengawal pembangunan dan menjaga NKRI bersama elemen bangsa lainnya.

Di saat yang sama Beliau juga menjelaskan kiprah PWNU Papua dalam merespon beberapa konflik yang terjadi di Papua, seperti konflik Tolikara, kasus JUT (Jafar Umar Thalib) di Keerom dan Koya, masalah menara masjid Al Aqsha Sentani, peristiwa demostrasi pembakaran kota di Papua dan Papua Barat.

“Di sisi lain, upaya PWNU Papua bersinergi bersama tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat melalui upaya kajian-kajian strategis yang dilakukan yakni dialog interaktif bersama TNI dan Polri serta tokoh agama dalam menciptakan suasana aman dan damai menjelang Natal dan tahun baru 2020, giat hari damai sedunia, serta kajian rutin manaqiban yang diikuti kultural dan struktural NU Papua,” tutur Kiai asal Papua ini menjelaskan.

Kunjungan Kodam XVII/Cenderawasih ke Kantor PWNU Papua, Kamis (21/1).

Menanggapi penyampaian dari Ketua PWNU Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih Jendral Yogo, sapaan akrabnya, menyampaikan maksud kunjungan bersama para asistennya ke Kantor PWNU Papua. Jenderal Yogo menjelaskan Kedatangan beliau sebagai awal silaturahim di hari ke-17 beliau menjabat sebagai Panglima Kodam di Papua.

“Sekaligus (saya) “kulonuwun” (permisi) kepada para tokoh agama dengan harapan dapat bersinergi melaksanakan tugas negara dalam mewujudkan suasana kondusif di Papua agar semua angenda pembangunan nasional boleh berjalan aman dan lancar sesuai harapan,” ujarnya mengungkapkan.

Dalam keterangan tertulis yang didapatkan tim Dakwah NU, dikabarkan Kodam dan PWNU Papua sudah berkomitmen akan bersinergi menjaga Papua agar selalu kondusif dan bekerja sama menyampaikan pesan-pesan pembangunan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Seperti contoh ajakan untuk melakukan vaksin anti-Covid-19 sesuai arahan pemerintah.

Tidak hanya itu, Ketua PWNU Papua Kiai Toni dihadapan Panglima Kodam menyampaikan rencananya membuat “Rumah Gus Dur” atau “Gus Dur Center” “(Gus Dur Center) sebagai wadah berkumpulnya sesama anak bangsa dalam merumuskan, diskusi, dan mengkaji berbagai isu strategis untuk membangun Papua ke depan yang lebih maju dan berkembang,” ujarnya menjelaskan.

Rencananya pembangunan Gus Dur Center, di dalamnya terdiri dari Kantor PWNU Papua, Kantor PCNU Kota Jayapura, dan Kantor PCNU Kabupaten Jayapura, tentu diisi dengan ornamen ornamen ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an dengan tanpa menanggalkan ciri khas adat setempat (Sentani) sebagai sikap respect terhadap budaya asli Papua. “Diharapkan semua pihak tak terkecuali Kodam XVII/Cendrawasih dapat membantu mewujudkan hal tersebut,” lanjut Kiai Toni menjelaskan.

Pembangunan Gus Dur Center ini sudah dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan PBNU dan Staf Khusus Wakil Presiden RI. Dikabarkan Sekretaris PWNU Papua Kiai Thoif dan Gus Adib sudah bertemu perwakilan PBNU dan perwakilan Kiai Ma’ruf Amin beberapa waktu lalu saat mereka berada di Jakarta.

“Mbah Yai Ma’ruf Amin kan akan ada kunjungan ke Papua Februari nanti, harapannya di sela sela momen kunjungan kerja beliau, kita minta beliau melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gus Dur Center tersebut,” kata Kiai Toni dalam keterangan tertulisnya.

Dari informasi yang diterima, Gus Dur Center rencananya akan dibangun di dekat Stadion Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura Papua. Pertemuan tersebut diakhiri dengan saling menyerahkan cinderamata dan foto bersama sebagai ungkapan persahabatan dan penyerahan bantuan sembako dari Kodam XVII/Cenderawasih kepada PWNU Papua yang diberikan untuk Umat.

Hadir juga pada pertemuan tersebut Ketua PCNU Kota Jayapura KH. Muhammad Syaiful, M.Pd, Ketua LP Ma’arif NU Provinsi Papua Kyai Rasyid Tumenggung Mayang, S.Pd.I., M.Pd, Ketua LTN NU Papua Joko Prayitno, S.Sos.I., M.Kom, Bendahara PCNU Kabupaten Jayapura sekaligus pengusaha muda NU H. Supardi dan Kepala Sekretariat PWNU Papua Drs. H. Suyono. (fqh)

Kontributor : Joko Prayitno/LTN NU Papua
Editor : Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here