Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Jaga Amaliyah NU, JIHNU Banyuwangi Jadwalkan Kajian Kitab Mbah Hasyim

Banyuwangi, Dakwah NU
Ketua Majelis Dzikir dan Taklim Jam’iyyah Ismul Haq NU (JIHNU) kabupaten Banyuwangi, K.H. Marfu’ Ali menjelaskan dua garapan yang dimiliki JIHNU dalam acara pertemuan perdana di Pondok Pesantren (Ponpes) Mansya’ul Huda desa Paspan kecamatan Glagah Banyuwangi, Minggu (21/02/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Kiai Ali menjelaskan, JIHNU dalam bertugas memiliki dua bidang garapan, yaitu kajian kitab pendiri NU dan pendidikan Tabib NU. “JIHNU ada dua bidang garapan yaitu, divisi Majelis Dzikir dan Taklim yang agendanya melakukan Kajian Kitab-kitab Karangan Mbah Hasyim Asy’ari dan Ulama Nusantara, setiap Sabtu awal bulan Masehi Jam 13.00 – 15.00,” tutur Kiai Ali.

“Kemudian bidang Divisi Tabib Thibun Nabawi NU yakni; Ijazah Kubro dan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tabib NU yang akan digelar secara temporer atau waktunya kondisional,” lanjutnya.

Kedua divisi tersebut merupakan bentuk nyata dari tujuan didirikannya JiHNU sebagai lembaga yang menjaga memelihara dan melestarikan atau nguri-uri ajaran Ahlussunah Wal Jamaah yang diajarkan oleh pendiri organisasi NU dan Ulama Nusantara.

Selain menjadi ajang silaturahim dan saling mengenal antar pengurus, Kiai Ali menuturkan dalam pertemuan awal itu
juga membahas penyusunan rencana jadwal Kajian Kitab-kitab karangan Mbah Hasyim Asy’ari dan Ulama Nusantara dalam beberapa bulan ke depan di wilayah Banyuwangi.

Dan berdasarkan kesepakatan para peserta yang hadir, Jam’iyyah Taklim Dzikir Ismul Haq (JIHNU) Banyuwangi akan mengawali kegiatan pada bulan Maret 2021 di PP Al Falah Glemore, Banyuwangi. Kemudian bulan April, kajian akan dilaksanakan di PP Mambaul Ulum Berasan Muncar, serta bulan Mei di PP Nurul Iman Blimbingsari.

Jadwal selanjutnya yaitu Kajian Kitab-kitab karangan Mbah Hasyim Asy’ari dan Ulama Nusantara pada bulan Juni bertempat di PP Miftahul Ulum kecamatan Wongsorejo dan bulan Juli 2021 di kecamatan Giri. Untuk bulan Agustus dan September akan digelar di PP Roudlotul Alfiyah Rogojampi dan PP. Mansya’ul Huda Glagah serta di PP. AL Atiq Purwoharjo bulan Oktober 2021.

Sedangkan para Tokoh Muharik menurut KH Marfu’ Ali adalah; (1) KH. Ali Hasan Syadily, (2) KH. Mahsun SE (3) KH. Fathur Rozaq, (4) KH. Muhammad Nur Khotib, (5) KH. Abdul Kholiq, (6.) KH. Imam Sibaweh, (7) KH. Munir Mashuri, (8) KH. Wafirudin, (9) KH.Moh.Hayatul Ikhsan M.PD.I, (10) KH. Muhlis Ali dan (11) KH. Holiq. (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannnisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here