Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Hikmah

Hasyim Yahya Sebut Muslim yang Baik Adalah Menjadi Teroris, Kiai Misbah: Jangan Menyalahgunakan Ayat!

Jakarta, Dakwah NU
Direktur Aswaja Center Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Misbahul Munir Kholil, M.A., menanggapi pernyataan Hasyim Yahya yang salah mengartikan surah al-Anfal ayat 60 dengan menyebut Islam yang baik adalah yang menjadi teroris.

Kiai Misbah menegaskan bahwa Surah al-Anfal ayat 60 merupakan perintah Allah agar kaum beriman mempersiapkan kekuatan untuk menggetarkan dan menakuti musuhnya Allah, musuh negara dan musuh agama, bukan untuk menjadi teroris seperti yang disebutkan Hasyim.

Untuk itu, beliau berpesan agar masyarakat tidak menyalahgunakan dan salah menafsirkan ayat perang tersebut.

“Ayat ini jangan disalahgunakan, dijadikan sebagai alat untuk nakut-nakutin orang, untuk membuat teror. Umat Islam harus nakut-nakutin orang-orang, menjadi teroris, bukan itu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kiai Misbah menjelaskan makna atau tafsir yang terkandung dalam surah al-Anfal ayat 60.

Saudara-saudara sekalian, di dalam Al Qur’an surah al-Anfal ayat 60 Allah SWT menegaskan,

وَأَعِدُّوا لَهُم مَّا اسْتَطَعْتُم مِّن قُوَّةٍ وَمِن رِّبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِن دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنفِقُوا مِن شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنتُمْ لَا تُظْلَمُونَ (60)

Artinya:
Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizhalimi (dirugikan).

Menurut Kiai Misbah, surah al-Anfal ayat 60 tersebut berisi tentang seruan untuk umat Islam (kaum beriman) atau dalam konteks ke-Indonesia-an adalah kepolisian dan Tentara Nasional Republik Indonesia, untuk membangun kekuatan dan mempersiapkan persenjataan guna menghadapi musuh sekaligus menjaga keamanan serta ketentraman masyarakat.

Musuh di sini yang dimaksud adalah musuh agama dan negara, yang terdiri dari terorisme, para pemberontak, dan mereka yang membuat onar.

“Jangan biarkan mereka. Negara harus kuat, harus tegas, harus berwibawa,” tegas Kiai Misbah.

Ayat ini, lanjut Kiai Misbah, juga mengandung pesan agar jangan sampai negara kelihatan lemah, sehingga masyarakat itu tidak terjaga keamanan dan ketentramannya. Jika negara kuat, maka untuk melihatnya saja, mereka (musuh) sudah gentar dan takut.

Sebelumnya, viral sebuah video ceramah Hasyim Yahya yang diunggah oleh akun @nila_mrt pada Minggu, 28 Maret 2021. Dalam video tersebut, Hasyim Yahya menegaskan bahwa Islam hadir untuk menjadi seorang teroris dan mengajak jamaah untuk ssegera melihat isi surah al-Anfal ayat 60.

Tak hanya itu, ia juga sempat membahas soal Bhinneka Tunggal Ika. Ia menilai meskipun kita diwajibkan untuk menaati hal tersebut, menurutnya ada yang lebih penting yakni hukum Islam. (fqh)

Spread the love

Comments (1)

  1. Beliau ulama ahlul Haq.. mencintai semua Harakah Islam yg ada… terutama yg menghidupkan Sunnah Sunnah Rasulullah Saw.

Comment here