Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Internasional

Gus Zuhairi Misrawi Dikabarkan Bakal Jadi Dubes RI di Arab Saudi

Jakarta, Dakwah NU
Saat ini beredar kabar di kalangan wartawan, aktivis berlatar belakang Nahdlatul Ulama Zuhairi Misrawi menjadi calon Duta Besar (Dubes) Indonesia di Arab Saudi. Beberapa wartawan mencoba mengkonfirmasi kabar tersebut melalui WhatsApp (WA), Zuhairi hanya menjawab tersenyum. Ia pun tidak membenarkan atau menyalahkan berita tersebut.

Koordinator Pemuda Aswaja Nur Khalim menilai pemerintah sangat tepat mengajukan Zuhairi Misrawi menjadi calon Dubes RI di Arab Saudi. “Cak Zuhairi pernah sekolah di Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan menguasai masalah Timur Tengah,” papar Nur Halim.

Dikutip dari Suara Nasional, Nur Khalim mengatakan, Komisi I DPR akan menyetujui Politikus PDIP Zuhairi Misrawi menjadi Dubes RI di Arab Saudi. “Jangan dibedakan orang partai atau birokrat tetapi dilihat kinerjanya. Zuhairi sudah berpengalaman dalam berbagai forum internasional,” ungkap Nur Halim.

Ia mengatakan, jika menjadi Dubes RI di Arab Saudi, Zuhairi akan membangun hubungan yang baik kedua negara. “Tidak lupa akan memberikan perlindungan warga Indonesia di Arab Saudi,” pungkasnya.

Lalu siapa sebenarnya Zulhairi Misrawi?

Dari catatan rekam jejaknya, Zuhairi Misrawi merupakan anggota tim pemenangan Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. Pria asal Sumenep Madura ini dikenal aktif sebagai aktivis berlatar belakang NU. Ia pernah berkuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir.

Namanya juga masuk sebagai salah satu anggota Intelektual Muda Nahdlatul Ulama dan Ketua Moderate Muslim Society. Ia juga mengaku pernah mondok selama 6 tahun di Pondok Pesantren al-Amien, Prenduan.

Di NU, ia merupakan salah satu intelektual muda yang cukup kritis. Ia pernah mendorong PBNU untuk membantu penanganan kasus konflik penganut Syiah di Sampang.

Dengan pengangkatannya, Zuhairi Misrawi bergabung dalam deretan kader partai koalisi dan relawan Jokowi yang diangkat jadi komisaris BUMN.

Zukhari juga seorang penulis. Beberapa pandangannya juga beberapa kali ditulisnya di rubrik kolom media massa nasional. Sementara sebagai wadah politiknya, Zulhairi Misrawi memilih bergabung di PDI-P. Di pemilu 2014, dia menjadi calon legislatif dari Partai Banteng untuk Dapil Jawa Timur XI. (fqh)

*keterangan foto : Gus Mis bersama Menteri Agama Gus Yaqut

Spread the love

Comment here