Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

DaerahNasional

Geliat Maulid LD PWNU NTB dan LD PCNU Se-NTB

Mataram, Dakwah NU
Lembaga Dakwah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (LD PWNU) dan Lembaga Dakwah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LD PCNU) se- Nusatenggara Barat selenggarakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Kegiatan Maulid dilaksanakan diberbagai masjid dan musholla, diantaranya dilaksanakan di Masjid Baiturrahman BTN Pengsong Desa Perampuan Kec. Labuapi Kab. Lombok Barat, pada hari Selasa (19/10).

Ketua Lembaga Dakwah PWNU Nusatenggara Barat, KH. Agus Gustiwang Saputra, menyampaikan bahwa bulan Maulid Nabi SAW adalah bulan yang sangat istimewa untuk mengekspresikan makna cinta kepada Rasulullah SAW. sekaligus sebagai momentum bersyukur atas karunia Allah berupa lahirnya manusia agung Muhammad SAW.

“Bagi warga NTB wabil khusus Lombok, kedatangan bulan Maulid Nabi SAW adalah momentum yang sangat istimewa untuk mengekspresikan makna cinta kepada Rasulullah SAW,” ungkapnya.

Selanjutanya Kyai Gustiwang, mejabarkan bahwa peringatan Maulid Nabi SAW bukan hanya diisi dengan pengajian, pembacaan sholawat dan berbagai perlombaan keagamaan di masjid, musholla dan lain sebagainya, tetapi maulid telah menjadi ajang shilaturrahim dengan karib kerabat, teman, rekan kerja dan bisnis, dimana hampir setiap rumah di Lombok mengundang tamu untuk datang berkunjung dan begibung (makan bersama) di rumahnya. Dan setiap kampung memiliki hari tersendiri untuk menyelenggarakan Maulid. Sehingga penduduk sebuah kampung akan berkunjung ke kampung lainnya dan demikian pula sebaliknya. Maka acara shilaturrahim plus perbaikan gizi benar-benar terjadi.

Semua orang bersuka cita. Ini persis sebagaimana firman Allah SWT dalam QS 10 Yunus : 58 yang berbunyi :

قل بفضل الله وبرحمته فبذالك فليفرحوا

Katakanlah dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, maka hendaklah dengan itu mereka bersuka cita.

Karena sebagaimana qaul Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani, bahwa kehadiran Baginda Nabi Muhammad SAW adalah rahmat Allah terbe bagi semesta alam. Sebagaimana firman-Nya :

ومآ ارسلناك الا رحمة للعالمين

“Dan tiadalah Kami (Allah) mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam.” Kyai Gutiwang, menjabarkan.

Kyai Gustiwang, juga mengabarkan bahwa di bulan Maulid ini semua da’i di LD PWNU NTB dan LD PCNU se-NTB sibuk mengisi ceramah tentang dalil-dalil syara’ peringatan Maulid untuk membentengi umat dari serbuan faham wahabi yang mengharamkan Maulid, disamping mengungkapkan hikmah maulid untuk meneladani kemuliaan akhlaq baginda Nabi SAW. (ASR)

Abdus Saleh Radai
Spread the love

Comment here