Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Doakan Keselamatan Bangsa, LD PBNU Gelar Ratibul Hadad

Jakarta, DAKWAH NU
Pengurus Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) menyelenggarakan acara Ratib Al Hadad untuk Keselamatan Bangsa secara virtual melalui platform zoom dan kanal YouTube 164 Channel, pada Selasa, 19 Januari 2021.

Pembacaan Ratib Al Hadad dipimpin oleh wakil ketua LD PBNU, K.H Misbahul Munir. Dalam acara tersebut turut hadir pula, H. Ahmad Helmi Faishal Zaini (Sekjen PBNU) dan Achmad Sudrajat (Ketua PP NU Care Lazisnu PBNU). Acara ini merupakan bentuk doa dan dzikir bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia dalam menghadapi ujian covid-19, gempa, longsor, serta bencana lainnya.

Ketua LD PBNU, K. H. Agus Salim, dalam sambutannya mengungkapkan belasungkawa atas banyaknya musibah yang terjadi di Indonesia serta mendoakan agar semua masyarakat Indonesia diberi kesabaran.

“Segala bentuk ujian apapun itu datangnya dari Allah. Yang penting kita bisa bersabar. Mudah-mudahan Allah memberikan kita kesabaran, semua bangsa Indonesia diberi kesabaran. Maka Allah berikan kabar gembira pada orang-orang yang sabar,” ujarnya.

Allah berfirman,

إذا أحَبَّ اللهُ قومًا ابْتلاهُمْ
“Jika Allah mencintai suatu kaum maka mereka akan diuji.”

Ketika sebuah kaum sabar dan ridho dengan ujian Allah maka Allah pun ridho kepada kaum tersebut. Sebaliknya, ketika manusia itu mengeluh dan marah, maka Allah pun sama. “Kita doakan saudara-saudara yang terkena musibah, mudah-mudahan Allah berikan kesabaran lahir dan batin,” beliau mendoakan.

Beliau berpesan agar saat diberikan ujian, maka baiknya mengatakan innalilahi wa innailaihi raji’un. Di mana bentuk raji’un ini dengan mengadakan istighosah maupun dzikir bersama agar Allah  SWT menerima sekaligus mengangkat semua musibah yang ada di negara Indonesia.

“Lha bentuk raji’un ini kita mengadakan istighosah, mengadakan dzikir bersama, ratibul hadad dan lain-lain,” pungkasnya.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kiai Misbah dan pembacaan Surah al-Quraisy untuk memohon keamanan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat serta bangsa Indonesia yang diikuti oleh seluruh jamaah. (fqh)

Kontributor: Fadhilla Berliannisa
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here