Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Nasional

Divisi Hukum dan Advokasi LD PBNU Hadir Jaga Ulama dan Kiai NU

Bogor, Dakwah NU
Divisi Hukum dan Advokasi merupakan divisi baru di Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) . Divisi Hukum dan Advokasi memiliki beberapa program yang bertujuan yang pertama yaitu mendampingi dan mengawal kepengurusan NU dari LD PBNU, baik seluruh divisi maupun seluruh anggota-anggotanya dalam perkara hukum perdata maupun pidana. Hal ini disampaikan oleh Kiai Mukhlis Effendi pada Rapat Kerja Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), tanggal 16-17 Januari 2021.

Kegiatan jangka pendek yang akan dilakukan oleh Divisi Hukum dan Advokasi adalah sosialisasi kepada seluruh instansi terutama Kementerian Hukum dan HAM, Kapolda, Kapolri, Mabes TNI dan seluruh jajaran institusi terkait perkara hukum, HAM, dan lain-lain.

Selain itu, divisi tersebut juga akan melakukan penyuluhan hukum kepada seluruh divisi-divisi LD PBNU, pengurus LD-PBNU, dan warga masyarakat agar tidak terjadi kesalahpahaman tentang UU ITE. Dalam menunjang program Divisi Hukum dan Advokasi, divisi ini juga akan membuka program konsultasi gratis di LD PBNU setiap hari Rabu pada pukul 10.00 WIB-selesai .

Kemudian, Kiai Mukhlis juga menjelaskan bahwa Divisi Hukum dan Advokasi juga akan mengkoordinir kepengurusan hukum di LD PBNU dan memasarkan produk divisi LD PBNU. Jadi, bidang hukum juga akan memiliki produk.

Divisi Hukum dan Advokasi berencana untuk bersinergi dengan Divisi Usaha dan Pengembangan Ekonomi Umat. Saat ini divisi ini masih memiliki 160 juta bibit botol air mineral yang akan dipersembahkan menjadi produk Air Mineral LD PBNU. Kemudian, divisi ini juga memiliki beberapa titik aset lokasi yang dapat digunakan untuk produk pengembangan advokat, seluas 40 hektar.

Meskipun Divisi Hukum dan Advokasi baru terbentuk, divisi ini telah menangani perkara harta gono-gini. Permasalahan perceraian memang sebaiknya diselesaikan melalui jalur Islam. “Yang jelas, kami sudah memenangkan beberapa perkara atas nama LD PBNU dan laporan ke Abi, insyaallah,” tutur Kiai Mukhlis.

Terakhir, beliau menjelaskan bahwa usaha produksi jambu tanpa biji yang dikelola oleh divisi ini sudah tersebar di Alfamidi. Adapun perkebunan jambu tanpa biji tersebut terletak di area Sawangan dan Sentul, Bogor. “Kita juga bergerak di bidang usaha, apa salahnya kita hadir di PBNU ini untuk masyarakat,” ungkap beliau mengakhiri. (fqh)

Kontributor: Via Qurrotaaini
Editor: Faqih Ulwan

Spread the love

Comment here