Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Daerah

Branding UMKM, Fatayat NU Padang Bentuk BUMNU

Padang, DAKWAH NU
Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Hj. Dr. Ida Fauziyah, M.Si, mengapresiasi makanan olahan ubi dan pisang, hasil produksi Fatayat NU Padang Pariaman, dalam acara silaturrahim dengan PWNU dan PCNU se-Sumatera Barat yang bertempat disalah satu hotel di Padang, Sabtu (16/01/2021).

Ibu Ida mengatakan bahwa produk makanan UMKM Fatayat NU tersebut patut dikembangkan agar dapat meningkatkan ekonomi umat. “Rasanya enak dan gurih. Ini patut dikembangkan. Produk ini tentu bisa mendorong peningkatan ekonomi keluarga kader Fatayat NU,” jelasnya.

Dikutip dari Sitinjausumbar.com, Ketua PC Fatayat NU Padang Pariaman, Ibu Dalisna, mengatakan produksi pengolahan tesebut, merupakan hasil dari Pembekalan Kewirausahaan Tenaga Kerja Mandiri Melalui Pelatihan Pengolahan Ubi dan Pisang yang diadakan PP Fatayat NU bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

Acara tesebut dilaksanakan pada 21 Desember 2021 di Korong Tembok Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Dari situ, kemudian diketahui bahwa potensi dan sumber bahan baku cukup tersedia di Padang Pariaman, sehingga kemudian muncul inovasi untuk menghasilkan produk makanan yang berbahan dasar ubi atau pisang.

Menurut Ibu Dalisna, pembekalan kewirausahaan seperti itu sangat penting bagi kader Fatayat NU. Menurutnya, hal ini dapat memotivasi perempuan-perempuan kader NU untuk berwirausaha demi ikut menopang ekonomi keluarga.

“Pembekalan kewirausahaan bagi kader Fatayat NU sangat berarti dan penting mendorong serta memotivasi kaum perempuan muda NU dalam berwirausaha. Apalagi di tengah wabah Covid-19 ini, peran perempuan dalam menopang ekonomi keluarga sangat penting. Alhamdulillah, hasilnya kini Fatayat NU Padang Pariaman sudah memiliki usaha yang bisa dikembangkan untuk menggerakkan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua Tanfidziyah PCNU Padang Pariaman, Dr. Zainal Tuanku Mudo juga menyampaikan bahwa Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU sudah turut serta ikut memproduksi makanan olahan ubi dan pisang, bahkan saat ini sedang mempersiapkan pembentukan Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama (BUMNU) demi mengembangkan usaha Fatayat NU tersebut.

“Saat ini PCNU Padang Pariaman sedang mempersiapkan Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama (BUMNU). Nantinya produk Fatayat NU ini bisa lebih berkembang,” ujarnya. (ahn)

Spread the love

Comment here