Dakwah NUsantara

Merupakan Sebuah Media Lembaga PBNU yang bergerak di bidang dakwah untuk mensyi'arkan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. sebuah portal berita yang mensyi'arkan Dakwah yang Ramah serta menyajikan informasi yang menarik bagi Da'i Seluruh Indonesia dan Dunia.

Agenda

Akademi Dakwah Jakarta, Bersama LD-PWNU DKI Jakarta

Jakarta, Dakwah NU
Lembaga Dakwah PWNU DKI Jakarta akan selenggarakan Akademi Dakwah Jakarta, mulai dari tanggal 15 Maret sampai dengan 15 April 2022.

Sekretaris Lembaga Dakwah PWNU DKI Jakarta, Kiai Nurrochman Maksudi menyampaikan bahwa, mengajak untuk berbuat kebaikan adalah sesuatu yang wajib bagi setiap muslim dan masuk dalam kategori dakwah, namun untuk menjadi seorang da’i yang mumpuni, mengajak kepada jalan yang benar haruslah dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang mumpuni pula.

“Seorang da’i hendaknya mengetahui mengenai unsur-unsur dakwah diantaranya, tau tentang dai, mad’u, metode/thoriqah, maddah, hingga mengetahui atsar/ efek dakwah. Hal ini penting karena berbicara dakwah bukan hanya berbicara seorang da’i ya saja, tetapi harus harus tau semua unsur-unsurnya,” ujarnya.

Berkaitan dengan dai Nahdlatul Ulama maka seorang da’i selain tau tentang ilmu dakwah, maka harus tau tentang Ke NU an, ke Aswajaan dan hal- hal yang berkaitan dengan perangkat keilmuan dakwah. Kiai Nurrochman,menambahkan.

Menurut Mbah Nur (beliau biasa dipanggil) Akademi Dakwah Jakarta hadir ditujukan untuk menyiapkan dai dai yang profesional, mumpuni keilmuannya dan siap berdakwah di tengah masyarakat. Akademi Dakwah Jakarta (ADJ) LD PWNU DKI Jakarta telah menyeleksi dan menerima calon-calon dai dan sekarang sedang dalam tahap proses pendidikan dengan waktu 2 semester atau 1 tahun.

“Sementara gelombang kedua pendaftarannya akan dibuka dari tanggal 15 Maret sd 15 April 2022,” ucapnya singkat.

Ketua Program ADJ Nurochman Maksudi, juga menjelaskan, bahwa yang masuk dalam kepesertaan Akademi Dakwah Jakarta adalah semua masyarakat yang minat terhadap dakwah NU dan dapat masuk melalui screening yang telah ditentukan oleh Akademi Dakwah Jakarta dan tidak boleh orang-orang yang diluar warga Nahdliyin masuk dalam kepesertaan ADJ ini.

“Akademi Dakwah Jakarta ini, hanya bisa dikuti oleh warga NU,” katanya.

Ketua LD-PWNU DKI Jakarta KH Masruhin Abdul Madjid, mengatakan bahwa Akademi Dakwah Jakarta ini dipersiapkan untuk mencetak dai yang berharakah an Nahdliyah, berfikrah an Nahdliyah dan beribadah ala NU khususnya di wilayah Jakarta.

“Kita akan mencetak kader dai yang siap pakai dengan fikrah, harakah, amaliah NU,” pungkasnya tegas.(NM)

Kontributor: LD-PWNU DKI Jakarta

Abdus Saleh Radai
Spread the love

Comment here